Dishubkominfo Rencanakan Transportasi Surabaya - Batu

Rabu, 21 September 2011 - 16:36 WIB • Dibaca 422 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Kabupaten Malang, Jawa Timur, berencana menyiapkan transportasi khusus dari Kota Surabaya langsung menuju Kota Batu.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Malang, Nasarudin Selian HT, Rabu mengatakan, penyediaan transportasi khusus bertujuan menghindari kemacetan yang terjadi ketika memasuki musim Lebaran, khususnya di perbatasan Pasuruan-Malang.

Baca Juga

Nasarudin mengakui, jumlah kendaraan yang meningkat saat memasuki musim Lebaran mengakibatkan ruas jalan tidak mampu lagi menampung, sehingga sering terjadi kemacetan.

Untuk itu, salah satu solusinya adalah dengan menyediakan transportasi khusus dari Surabaya menuju Kota Batu, seperti bus atau kendaraan massal lainnya.

“Dengan adanya transportasi dari Surabaya langsung ke Batu, diharapkan masyarakat akan lebih memilih transportasi massal, sehingga tidak perlu menggunakan mobil pribadi, dan bisa menekan kemacetan di kawasan Pasuruan hingga Malang,” ucapnya.

Nasarudin mengatakan, penyediaan transportasi Surabaya-Batu masih akan ditawarkan kepada pihak swasta sebagai solusi atau alternativ mengatasi kemacetan, sedangkan mengenai realisasinya masih menunggu keputusan bersama.

Sebelumnya, ketika memasuki musim mudik Lebaran beberapa waktu lalu, jalur Surabaya menuju Malang sangat padat, dan membutuhkan waktu tempuh lebih dari lima jam.

Padahal, jika hari biasa hanya memerlukan waktu dua jam untuk mencapai kawasan wisata Kota Batu yang berjarak sekitar 90 kilometer dari Surabaya.

Kepadatan di jalur Pasuruan-Malang biasanya terjadi sekitar pintu arah Taman Safari Indonesia II di Prigen, Pasuruan, dan kawasan Singosari atau persimpangan Kabupaten Malang yang mengarah ke Kota Batu.

Nasarudin mengakui, meningkatnya jumlah kendaraan saat musim Lebaran, biasanya didominasi oleh pengguna kendaraan pribadi yang ingin melancong ke objek wisata di Malang dan Batu maupun Pasuruan.

“Kita harapkan, nantinya jika ada transportasi khusus, masyarakat bisa memaksimal guna menekan kemacetan,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita malang raya berita kriminal remaja berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 daftar pemain AREMA 2012 batu town square harta karun majapahit daftar pemain arema keris luk 13 pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang pilkada malang 2013 pelacuran di malang sampah anorganik karoseri adi putro suporter terbanyak di indonesia arema kerajaan singosari penemuan benda pusaka Berita kriminal pemerkosaan this is arema arema 2011-2012 nexian pad pengolahan limbah sampah limbah sampah meteor cell malang cross ad 305 sendang kamulyan daun emas ahmad bustomi nexian PAD G311 diknas malang tempat prostitusi di malang berita tentang pencemaran udara Local Blogs
Local TopOfBlogs