Ribuan Kendaraan Jalani Uji Emisi

Selasa, 20 September 2011 - 20:36 WIB • Dibaca 63 kali

Foto: antara

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Sedikitnya 1.500 kendaraan pribadi di Kota Malang, Jawa Timur, melakukan uji emisi untuk mengevaluasi kualitas udara di wilayah setempat, Selasa.

Baca Juga

Kepala Sub Bidang Pengendalian Lingkungan dan Pengelolaan Limbah, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang, Tri Santoso, mengatakan, uji emisi dilakukan di tiga titik, yakni di Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Simpang Balapan serta Jalan Merdeka Selatan.

“Kita lakukan uji emisi dalam tiga hari berturut-turut di tiga titik, dan target kendaraan yang kita uji mencapai 1.500 kendaraan,” katanya.

Santoso mengatakan, hasil uji emisi akan diserahkan ke Dinas Perhubungan Kota Malang untuk dijadikan evaluasi dan memantau secara langsung sejumlah kendaraan yang mencemari udara Kota Malang.

Selain itu, rencananya hasil uji emisi akan dijadikan salah satu indikator penilaian Adipura 2012 oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Santoso berharap, pemilik kendaraan yang diketahui hasil emisinya kurang bagus, agar secara rutin melakukan perawatan dan pemeliharaan mesin untuk menjaga performa mesin.

“Tujuan perawatan adalah untuk mengendalikan emisi gas buang yang merusak lapisan ozon, agar udara di wilayah Kota Malang bisa semakin bagus,” katanya.

Sementara itu, dalam uji emisi tersebut, BLH menggunakan dua parameter, yakni Hidrokarbon (HC) dan Karbonmonoksida (CO).

Diharapkan, dari dua parameter, diketahui jumlah kendaraan yang layak dan tidak layak beroperasi di Kota Malang.

“Langkah awal uji emisi kali ini hanya sebatas sosialisasi dan pembinaan, sehingga kendaraan yang tak lolos uji emisi tidak mendapat sanksi hukum yang tegas dan masih bersifat imbauan agar melakukan perawatan,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : mqh
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs