Penerapan E-KTP Kota Malang

E-KTP Diprioritaskan untuk CJH

Selasa, 20 September 2011 - 20:22 WIB • Dibaca 61 kali

ILUSTRASI

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Program KTP Elektronik Pemkot Malang yang mulai akan diterapkan Rabu (21/9) diprioritaskan untuk jamaah calon haji (calhaj).

Baca Juga

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang Rahman Nurmala, Selasa mengatakan, pada tahap awal pihaknya akan memprioritaskan calhaj yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

“Calhaj asal Kota Malang tahun ini sekitar 1.200 orang dan akan berangkat ke Tanah Suci pada 27 Oktober mendatang, sehingga masih ada waktu sekitar satu bulan untuk mengurus KTP barunya,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pengurusan KTP Elektronik tahap pertama (2011) di Kota Malang untuk 670 ribu jiwa. Jadwal pengurusan mulai 21 September hingga 100 hari ke depan atau sekitar akhir Desember mendatang.

Oleh karena itu, katanya, Dispendukcapil akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang pada 22 September 2011 terkait data calhaj yang berangkat tahun ini.

Menurut mantan Kabag Organisasi Pemkot Malang itu, calhaj yang akan berangkat bisa mendapatkan undangan terlebih dahulu untuk melakukan verifikasi data pengurusan KTP Elektronik. “Kami berharap prioritas kepada calhaj ini tidak menimbulkan kecemburuan masyarakat,” katanya.

Sementara masyarakat umum yang sudah mendapatkan undangan, namun berhalangan hadir ke kecamatan diimbau untuk segera melapor ke Dispendukcapil.

“Jika warga yang berhalangan datang langsung melapor ke Dispendukcapil, petugas bisa segera melakukan penjadwalan ulang,” tegasnya.

Pelaksanaan KTP Elektronik di Kota Malang dijadwalkan sejak 1 Agustus lalu, namun beberapa kali mengalami penundaan karena peralatan dari pemerintah pusat tidak kunjung datang. Kalaupun sudah datang banyak yang dalam kondisi tidak sempurna, sehingga belum bisa dioperasikan.

Peralatan yang seharusnya diterima oleh setiap kecamatan sebanyak 8 item, yang datang hanya dua item. Sehingga, target untuk menuntaskan proses KTP Elektronik sebanyak 1.500 per hari akhirnya juga direvisi hanya menjadi 300.

“Kami akan memaksimalkan peralatan yang sudah ada dulu, agar pelaksanaan KTP Elektronik di daerah ini tidak molor lagi,” tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs