Dusun Sekitar Wendit Kesulitan Air Bersih

Selasa, 20 September 2011 - 10:05 WIB • Dibaca 209 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

PAKIS, MALANGRAYA.info – Musim kemarau ini, warga dua dusun yakni Dusun Kedoyo dan Dusun Lowoksuruh Desa Mangliawan Kecamatan Pakis mengalami paceklik air bersih. Warga yang berjumlah 110 KK belum mendapatkan distribusi air bersih secara menyeluruh. Meski di wilayaha Kabupaten, kawasan tersebut kebanyakan mendapatkan pasokan air dari PDAM Kota Malang.

Baca Juga

Kepala Desa Mangliawan Sy. Subakir mengaku sudah beberapa kali meminta bantuan dari DPRD Kabupaten Malang. Harapannya, DPRD bisa menyambungkan permintaan itu kepada PDAM Kota Malang. Permintaan bantuan dia ajukan pada zaman Ketua DPRD Suhadi serta Ketua DPRD saat ini Hari Sasongko.

Sudah lima tahun ini, kata dia, warga mengajukan layanan air bersih dari PDAM. Akan tetapi ternyata sampai saat ini belum mendapat tanggapan serius. Kesulitan yang paling serius adalah ketika musim kemarau ini.

“Layanan air bersih sudah kita ajukan sejak lima tahun, harapan kita PDAM Kota yang mengambil air dari sumber air Wendit merealisasikannya," kata Subakir.

Dia menambahkan, warga dua dusun itu totalnya 700 Kepala Keluarga dan sekitar 110 KK sangat butuh air bersih. Ini mengherankan sebab, air bersih yang digunakan oleh PDAM berasal dari Sumber Wendit yang berada di wilayah dekat dua dusun. Kondisi ini tentu saja membuat Subakir kecewa karena dia juga sering ditanyai warga.

"Warga dua dusun itu selalu kekurangan air bersih, sehingga untuk mendapatkan air bersih warga terpaksa membeli air," imbuhnya.

Sementara ketika memasuki musim hujan, warga mengandalkan air bersih dari sumur galian dimiliki. Akan tetapi ketika musim kemarau seperti saat ini maka air tidak keluar lantaran debitnya menurun. Tentu saja dia juga meminta agar PDAM Kabupaten mengkomunikasikan problem tersebut ke PDAM Kota Malang.

“Karena yang dekat untuk layanan air disini ya dari PDAM Kota Malang, air bersih kan diambil dari sini," tandasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs