Festival Ken Dedes Akan Digelar Lagi

Senin, 19 September 2011 - 12:58 WIB • Dibaca 791 kali

ist

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat berencana menggelar kembali “Festival Ken Dedes” yang diadakan terakhir kali sekitar tahun 1980.

Baca Juga

Kepala Dinas Kebudayaan dan Parisawisata (Disbudpar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, Senin mengatakan, Festival Ken Dedes digelar terakhir kali tahun 1980-an dan pihaknya dalam waktu dekat ini akan menggiatkan kembali acara tersebut.

“Festival Ken Dedes dan Malang Keprabon ini akan kami gelar dalam dua even, yakni dialog dan bedah buku sejarah Ken Dedes serta pawai seribu Ken Dedes yang melibatkan masyarakat secara umum,” tegasnya.

Festival Ken Dedes tersebut, lanjutnya, diharapkan bisa menjadi daya tarik baru bagi industri wisata di Kota Malang, selain Festival Malang Tempoe Doeloe yang sudah menjadi agenda tahunan dalam rangka HUT Kota Malang.

Sedangkan Festival Ken Dedes dan Malang Keprabon, katanya, dijadikan agenda wisata tahunan yang digelar setiap Oktober.”Selama ini Ken Dedes sudah dilupakan masyarakat, padahal Ken Dedes itu dulu tinggalnya di Polowijen (Panawijil),” katanya menambahkan.

Lebih lanjut Ida Ayu mengemukakan, dialog dan bedah buku sejarah tentang Ken Dedes digelar tanggal 8 Oktober di situs Ken Dedes yang berlokasi di kawasan Polowijen, Kecamatan Blimbing.

Tujuan diadakannya dialog dan bedah buku sejarah Ken Dedes itu sebagai upaya untuk menyebarkan nilai-nilai positif dari sejarah masa lalu kepada masyarakat luas yang saat ini sudah banyak melupakannya.

Secara fisik pun, tegas Ida Ayu, patung Ken Dedes sebagai simbol keagungan seorang tokoh perempuan juga hanya ada satu, yakni di pintu gerbang (masuk) Kota Malang dari arah utara.

“Oleh karena itu kami akan terus berupaya untuk membumikan Ken Dedes di Kota Malang melalui berbagai kegiatan termasuk pawai seribu Ken Dedes yang melibatkan masyarakat umum, pelajar serta aktivis Malang Keprabon,” ujarnya.

Berdasarkan Kitab Pararaton, Ken Dedes adalah putri dari Mpu Parwa dari Desa Panawijil (sekarang diyakini berganti nama Polowijen). Ken Dedes hidup pada awal abad VIII.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
festival kendedes logo pemkot malang simbol kota malang festival ken dedes logo dinas malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs