Makelar Jual Beli Truk Jadi Penadah

Senin, 19 September 2011 - 09:49 WIB • Dibaca 249 kali

Foto: malang post

WAGIR, MALANGRAYA.info – Sabar Sutopo, 45 tahun, warga Dusun Pandanrejo, Desa Pandansari, Wagir, sejak akhir pekan kemarin meringkuk di sel Mapolres Malang. Dia ditahan dengan tuduhan sebagai penadah truk N 8775 CI yang diketahui dari hasil perampasan.

Baca Juga

Bapak tiga anak yang diketahui sebagai makelar jual-beli truk tersebut, ditangkap petugas ketika sedang muat tebu di depan PG Kebonagung-Pakisaji dengan menggunakan truk hasil kejahatan. Namun siapa pelaku utama perampasannya, hingga kemarin polisi masih menyelidikinya.

“Nomor polisi (nopol) yang dipasang pada truk itu palsu. Aslinya bukan N (Malang) tetapi adalah DD wilayah Sulawesi Selatan yang sudah dibuang. Dan truk itu sendiri merupakan kendaraan hasil perampasan dengan TKP di Kediri. Saat ini untuk pelaku utamanya sendiri, masih kami selidiki," ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Hartoyo.

Sementara itu, dalam pemeriksaan tersangka Sabar, mengaku membeli truk itu dari seorang temannya sesama makelar yakni Joko Zakaria, warga Singosari. Joko sendiri, diakui oleh Sabar adalah adik dari seorang anggota polisi yang dinas di Polres Malang Kota.

Dia membeli truk tersebut pada awal Agustus lalu dengan tukar tambah mobil Timor miliknya.

“Mobil timor saya dihargai Rp 50 juta, sedangkan truk dihargai Rp 70 juta sehingga saya harus tambah Rp 20 juta," ujar Sabar. Namun, kekurangan uang Rp 20 juta itu diakuinya belum diberikan karena Joko belum memberikan surat-surat kendaraannya. Sabar mengaku hanya diberi foto copi-nya saja.

“Alasannya surat-suratnya masih diproses, karena baru dicabut dan sedang dimutasikan. Dia (Joko, red) meminta saya memakai truk itu dulu, dan jika nanti ditilang polisi akan diurus oleh kakaknya yang menjadi polisi. Tetapi, sampai saya ditahan Joko malah menghilang," tutur bapak tiga anak ini.

Tertangkapnya Sabar sendiri, bermula dari adanya informasi bahwa truk hasil rampasan dibawa kabur ke wilayah Malang. Petugas kemudian mengembangkan dengan terus melakukan penyelidikan selama beberapa pekan. Dari hasil penyelidikan itu, diketahui bahwa truk ada di tangan Sabar. Petugas bisa mengetahui karena dari ciri-ciri truk itu. Setelah dilakukan pengecekan nomor rangka dan nomor mesin sama dengan truk hasil rampasan, petugas langsung menangkapnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
jual beli truk berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs