Tujuh Kecamatan Rawan Kekeringan

Minggu, 18 September 2011 - 21:45 WIB • Dibaca 619 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

PAKISAJI, MALANGRAYA.info – Tujuh di antara 33 kecamatan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, rawan terhadap bencana kekeringan akibat musim kemarau yang melanda wilayah itu selama beberapa pekan terakhir.

Baca Juga

Direktur Teknik PDAM Kabupaten Malang, Sulasmani, di Malang, Minggu, mengatakan, di tujuh kecamatan itu terdapat 22 lokasi yang rawan kekeringan.

Sebanyak 22 lokasi itu meliputi Kecamatan Pagak terdapat lima titik rawan kekeringan, Kecamatan Gedangan (enam titik), Kalipare (dua titik), Singosari (dua titik), Poncokusumo (satu titik di Desa Ngadas), Sumbermanjing Wetan (lima titik) serta Kecamatan Tajinan (satu titik di Desa Randugading).

Pihak PDAM Malang telah memberikan bantuan air bersih ke 22 titik itu, sekaligus menyalurkan bantuan dari Pemprov Jatim dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jatim.

“Pemberian bantuan kita lakukan hari ini, dan bantuan itu disiapkan oleh PDAM Kabupaten Malang melalui program “Coorporate Social Responsibility”,” katanya.

Selain itu, PDAM Kabupaten Malang juga melakukan langkah lain untuk mengatasi kekeringan, yakni dengan melakukan pengeboran dari bantuan dari APBN dan APBD.

“Salah satu pengeboran itu kita lakukan di Dusun Bandarangin, Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak yang sudah dilaksanakan dalam beberapa hari ini,” katanya.

Ia menjelaskan, lokasi kekeringan di Kabupaten Malang terbagi menjadi tiga kategori, yakni kategori kekeringan langka terbatas, kekeringan langka, dan kekeringan kritis.

Kategori kekeringan langka terbatas adalah ketersediaan air di suatu wilayah hanya 30 hingga 60 liter per hari dan biasanya air itu digunakan untuk kebutuhan minum, masak, cuci alat masak, mandi dengan jarak wilayah dengan ke air bersih mencapai 0,1 hingga 0,5 kilometer.

Kekeringan langka yakni ketersediaan air mencapai 10 hingga 30 liter per hari dan hanya cukup untuk minum, masak, dan mandi, sedangkan jarak dengan air bersih 0,5 hingga 3 kilometer.

Kekeringan kritis adalah ketersediaan air kurang dari 10 liter per hari dan air hanya cukup untuk minum dan masak, sedangkan jarak dengan sumber air lebih dari tiga kilometer dari pemukiman.

“Di Kabupaten Malang, dari 22 titik yang rawan kekeringan, sedikitnya 18 titik tergolong kategori kekeringan kritis, seperti di Kecamatan Pagak, Gedangan, Kalipare, dan Sumbermanjing Wetan,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
data desa rawan kekeringan di Kab Malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs