TKI Meninggal Dapat Santunan Rp 40 Juta

Sabtu, 17 September 2011 - 09:53 WIB • Dibaca 202 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Malang tengah mengupayakan dana asuransi untuk TKI yang meninggal di Saudi Arabia. Dinas baru menerima kabar satu lagi TKI asal Gondanglegi meninggal dunia di Saudi bulan Juli lalu. Saat ini sedang dilakukan penelusuran ke Kementerian Luar Negeri perihal penguburan TKI tersebut.

Baca Juga

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Malang Djaka Ritamtama mengatakan sejauh ini identitas TKI belum diketahui. Namun dipastikan bahwa yang bersangkutan berjenis kelamin perempuan. Informasi awal yang diterima, TKI itu meninggal karena kecelakaan.

“Belum tahu, itu kecelakaan kerja atau kecelakaan di jalan raya, kita masih mencari informasi lagi," katanya.

Menurut Djaka, karena rentang waktunya sudah beberapa bulan maka tidak mungkin memulangkan jasad TKI itu. Sehingga Dinas Tenaga Kerja mengupayakan untuk mencairkan dana asuransi. Setiap TKI yang meninggal dunia di luar negeri khususnya Saudi Arabia mendapat asuransi Rp 40 juta.

“Dana itu adalah ganti dari transportasi pemulangan jenazah, karena tidak dipakai akan dicairkan untuk diberikan kepada keluarganya," terangnya.

Dia menambahkan sudah menemukan perusahaan yang memberangkatkan tenaga kerja bersangkutan. Paling dekat dalam minggu depan sudah ada keterangan resmi pihak perusahaan kepada Dinas Tenaga Kerja.

"Kita belum tahu dimakamkan dimana atau seperti apa disana, dia baru saja berangkat ke Saudi Arabia, tahun 2010 lalu," imbuhnya.

Sementara itu, M. Syukur Daru Kepala Penempatan Tenaga Kerja membeber data bahwa sampai saat ini jumlah TKI asal Kabupaten Malang mencapai lima ribu. Mereka tersebar di daratan Timur Tengah, Eropa serta Asia Pasifik. Pada tahun 2010 lalu, kiriman uang para TKI dari luar negeri mencapai Rp 86,5 miliar.

Kiriman uang terbanyak masih didominasi TKI yang bekerja di Timur Tengah seperti Arab, Abudhabi, Kuwait dan Yordania. Namun khusus tahun 2011 ini ada kiriman uang juga dari Negara Jerman. Jumlah kiriman itu hanya yang resmi saja, kiriman dengan melalui jalur lain lebih banyak, seperti dititipkan teman.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs