PDAM Kota Batu Siap Pasok Kebutuhan Hotel

Sabtu, 17 September 2011 - 08:41 WIB • Dibaca 227 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

BATU, MALANGRAYA.info – Hotel-hotel dan pelaku usaha lain, diharapkan tidak menggunakan air bawah tanah mulai tahun depan. Mereka layak memanfaatkan pasokan PDAM Kota Batu, karena BUMD milik Pemkot itu bisa memenuhi kebutuhan semua hotel maupun pelaku usaha lainnya.

Baca Juga

“Dulu hotel dan objek wisata, menggunakan air bawah tanah karena PDAM belum bisa memenuhi kebutuhan air itu. Begitu PDAM sudah bisa memenuhi kebutuhan air itu, mereka layak menggunakan PDAM,” ungkap Direktur PDAM Kota Batu, Zainul Arifin KR kepada Malang Post.

Dia menjamin bisa memenuhi kebutuhan hotel dan objek wisata lain, karena adanya perbaikan jaringan mulai tahun depan. Perbaikan tersebut dilakukan setelah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jatim sebesar Rp 8.5 M.

Bantuan tersebut, dialokasikan untuk memperbaiki seluruh jaringan yang ada. Selain itu, bantuan juga digunakan untuk pembangunan tandon air sehingga pelayanan kepada hotel dan objek wisata lebih maksimal.

Rencananya, tandon utama akan diletakkan di Jalan Abdul Gani. Lokasinya berada di ketinggian, sehingga bisa digunakan dengan mudah sekaligus menjangkau lokasi lebih bawah.

“Kebocoran air PDAM sekarang ini, melebihi 40 persen. Jika pipa diperbaiki kebocoran sangat minim sehingga air untuk kebutuhan warga bisa mencukupi,” tegasnya.

Ketua PHRI Kota Batu, Uddy Syaifudin menyambut baik upaya PDAM Kota Batu yang bisa memenuhi kebutuhan usaha, terutama hotel dan objek wisata. Hanya saja, jangan sampai penyediaan air kepada tempat usaha tersebut harus mengurangi jatah kepada masyarakat.

"Kami sangat senang jika PDAM memiliki upaya itu. Itu artinya, penyediaan air bisa menjadi alternativ bagi pelaku usaha, khususnya hotel dan objek wisata. Kami bisa mengambil air ke PDAM, sepanjang ada jaminan tidak akan kekurangan air," tegas Uddy.

Namun jika masyarakat kekurangan air gara-gara air PDAM dialirkan ke hotel, hal itu justru tidak boleh terjadi. Masalahnya hotel tentu akan diklaim sebagai penyebabnya.

Selain itu, pihak hotel pasti keberatan jika harus menutup ABT. Masalahnya pembuatan ABT adalah legal dan selama ini pemilik usaha selalu membayar retribusi kepada Pemkot Batu. Ketika ABT ditutup, itu berarti mereka harus mengeluarkan biaya lebih untuk jaringan PDAM.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
PDAM kota batu berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs