Harga Beras di Malang Terus Naik

Jumat, 16 September 2011 - 22:12 WIB • Dibaca 310 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Harga beras di Kabupaten Malang terus meroket. Dalam seminggu terakhir ini saja, kenaikan harga beras bisa terjadi sampai tiga kali. Pantauan beritajatim.com di sejumlah pedagang beras eceran hingga grosir, Jumat (16/9/2011) petang sudah tembus kisaran Rp.8.500-Rp.9.700 per kilogramnya untuk beras kualitas sedang ekonomis.

Baca Juga

Ditenggarai, mahalnya harga beras yang sangat dikeluhkan warga Kabupaten Malang karena minimnya pasokan beras dari produsen. Serta, faktor kekeringan ataupun serbuan beras impor.

Susi (38), pedagang nasi asal Kepanjen, Kabupaten Malang mengatakan, sebelum hari raya kemarin, satu karung beras dengan berat 25 kilogram masih dibawah Rp.180.000. Namun, dua hari lalu dirinya sudah harus mengeluarkan uang Rp.200.000 untuk beras dengan berat yang sama kualitas sedang. “Kami tak tahu kenapa harga beras mahal. Ini sudah tidak wajar. Masak kenaikan harganya sangat cepat,” ungkapnya dengan mimik serius.

Dikatakan Susi, mau tak mau dirinya harus mengeluarkan duit lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan utama warung nasi miliknya. Pedagang beras di Kecamatan Turen, Solikin (43) menegaskan, beras ditempatnya rata-rata mengalami kenaikan dari 5 persen sampai 15 persen.

Kenaikan itu disebabkan harga beras dari produsen sudah lebih dulu tinggi. “Kita membeli dari produsen dengan harga yang sudah naik. Sehingga, kita juga terpaksa menaikkan harga jualnya meski tidak seberapa,” terangnya.

Sementara itu, harga beras di toko-toko kampung, Kecamatan Kepanjen juga turut naik. Kenaikan harga beras mendekati Rp.10.000 per kilogramnya sangat dikeluhkan ibu-ibu rumah tangga. “Gimana ini kalau harga beras terus naik. Masak dalam seminggu sudah naik sampai tiga kali,” ucap Listayani (38), ibu rumah tangga di Jalan Delima, Kepanjen.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
mahalnya harga beras berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs