Bank Sampah Diminati Pemerintah Jepang

Jumat, 16 September 2011 - 20:04 WIB • Dibaca 1,112 kali

ILUSTRASI

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Bank sampah yang digagas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang, Jawa Timur, diminati Pemerintah Kota Osaka, Jepang.

Baca Juga

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto, Jumat, mengemukakan, utusan dari Pemerintah Osaka menyatakan kesediaannya untuk membeli produk-produk yang dihasilkan bank sampah Kota Malang.

“Salah satu produk yang bakal dihasilkan dan dikelola bank sampah adalah bijih plastik (palet) dari daur ulang. Kalau sampah yang dihasilkan warga kota ini sudah diolah menjadi palet, maka Jepang bersedia membelinya,” tegas Wasto.

Hanya saja, katanya, untuk mengolah limbah sampah menjadi bijih plastik diperlukan proses pengolahan hingga beberapa tahap, di antaranya adalah pemilahan sampah yang bisa didaur ulang dan pencacahan.

Untuk proses pencacahan, katanya, diperlukan alat (mesin) khusus.”Karena harga mesin khusus ini cukup mahal, maka kami (DKP) mengajukan anggaran (bantuan) ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Menyinggung keberadaan bank sampah itu sendiri saat ini Wasto mengatakan, baru masuk tahap sosialisasi program. Sosialisasi dilakukan secara bertahap untuk semua golongan.

Bahkan, lanjut mantan Kabag Hukum Pemkot Malang itu, sebagai salah satu bentuk sosialisasi, Oktober mendatang akan dilakukan lomba bersih lingkungan tingkat Kota Malang yang diikuti oleh seluruh RT dan RW.

Gagasan dibentuknya bank sampah di Kota Malang tersebut untuk mengurangi penumpukan sampah yang rata-rata mencapai 590 ton per hari di Tempat Pembuangan AKhir (TPA) Supiturang.

Dari volume sampah domestik (rumah tangga) sebanyak itu, yang bisa dikelola (diolah) menjadi berbagai produk baru mencapai 110 ton (18 persen).

Untuk pengolahan sampah menjadi produk energi listrik, Pemkot Malang melakukan penjajakan kerja sama dengan Kanada, Jerman dan Belanda.

“Mudah-mudahan saja kerja sama untuk mengolah limbah sampah di TPA Supiturang ini segera terwujud, disamping sebagian sudah diolah menjadi palet,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
bank sampah kota malang pengolahan sampah di malang LAMBANG DINAS KEBERSIHAN KOTA MALANG berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs