Pelaksanaan E-KTP Kota Batu

E-KTP Kota Batu Butuh Dana Rp1,5 M

Jumat, 16 September 2011 - 10:23 WIB • Dibaca 195 kali

ILUSTRASI - Foto: kompas

BATU, MALANGRAYA.info – Meski perangkat telah dikirim Pemerintah Pusat, biaya pembuatan E-KTP di Kota Batu masih cukup besar. Faktanya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu mengajukan anggaran Rp 1,5 M dalam PAK APBD 2011 ini.

Baca Juga

Pelaksanaan E-KTP itu sendiri, terancam bisa molor dari rencana semula September ini. Masalahnya, karena pembahasan PAK APBD belum jelas dilakukan di DPRD setempat. Aggota DPRD sendiri, masih menunggu hasil tertulis dari Kementerian Dalam Negeri terkait pertanyaan pembuatan panja atau tidak setelah APBD 2010 dinyatakan disclaimer.

"Kami masih menunggu PAK untuk realisasi anggaran tersebut. Setelah ada PAK, E-KTP baru bisa direalisasikan," tegas Syamsul Huda, Kepala Dispendukcapil kepada Malang Post.

Besaran anggaran tersebut, kata dia, untuk training 45 petugas, biaya sosialisasi kepada masyarakat, operasional, pembayaran material, HR petugas dan biaya lainnya. Anggaran itu tidak tertutupi dari pemerintah pusat, sehingga harus dibiayai lewat APBD.

Sedangkan peralatan yang dikirim dari pemerintah pusat, antara lain berupa server, beberapa unit komputer, kamera, print sidik jari, dan rekaman iris mata. Adanya sidik jari, foto iris mata dan tanda tangan tersebut, dilakukan untuk penghindari penggandaan KTP.

Dia juga menjelaskan, pelaksanaan E-KTP di Kota Batu tidak boleh molor hingga Desember nanti. Jika pelaksanaan masih belum bisa dilakukan hingga Desember, maka peralatan yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat akan ditarik kembali.

"Kalau peralatan ditarik kembali oleh pemerintah pusat, kita yang akan rugi. Masalahnya peralatan harus dibeli dengan biaya sendiri, sehingga kebutuhan anggaran pasti akan membengkak. Karena itu, kami juga berusaha ngebut agar pelaksanaan E-KTP segera bisa dilakukan," pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kota batu hari ini berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs