Arema Tak Lolos Verifikasi

Jumat, 16 September 2011 - 09:45 WIB • Dibaca 122 kali

ist

JAKARTA, MALANGRAYA.info – Dua kali sempat turun dalam ajang Liga Champion Asia, ternyata tidak membuat Arema lolos dan layak bermain di liga professional. Bahkan dari 36 tim yang sudah diverifikasi oleh PSSI setelah berkoordinasi dengan AFC, hanya enam klub yang bermain di liga profesional. Tragisnya, klub yang lolos justru bukan kontestan Liga Super 2010/2011.

Baca Juga

Keenam klub itu adalah Persis Solo dengan 96,7 poin, disusul Persikota Tangerang (96), Persibo Bojonegoro dan Persik Kediri sama-sama 95,6 poin, Persebaya Surabaya 95,7 poin dan PSIS Semarang (92,3).

Khusus untuk Arema justru mendapatkan dua penilaian. Arema versi Rendra Kresna dengan 77 poin, sedangkan versi Muhamad Nur hanya meraih 71,4 poin. Persija Jakarta yang saat ini terkendala dualisme Perseroan Terbatas (PT) justru mampu mengumpulkan 90,1 poin.

Sedangkan beberapa klub besar bahkan juara Liga Super Persipura Jayapura hanya mengumpulkan 81,4 poin. Demikian pula dengan Sriwijaya FC yang turun di kompetisi internasional, juga dianggap bukan klub profesional.

Belum lengkapnya beberapa persyaratan yang ditentukan AFC membuat klub-klub dinilai belum layak bermain di liga profesional musim 2011/2012.

"Dari 34 tim yang sebelumnya dinyatakan ada di level profesional. Setelah diverifikasi, ternyata hanya ada enam klub yang dianggap klub profesional oleh AFC. Ironisnya, keenam klub itu tidak bermain di ISL musim lalu," ungkap Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Toni Apriliani di kantor PSSI, kemarin.

Karena kondisi seperti itulah, kata Toni, membuat kompetisi sulit digelar. Sekalipun PSSI berencana memulai kompetisi pada 8 Oktober mendatang. Termasuk deadline AFC agar kompetisi sudah digelar sebelum 14 Oktober.

Hanya saja, bukan PSSI kalau tidak bisa mengakali kondisi tersebut. Mereka memiliki cara untuk menghindari sanksi AFC. Yaitu menggelar satu pertandingan sebelum 14 Oktober sesuai deadline AFC, tetapi kompetisi penuh baru dilanjutkan kembali setelah tanggal 14 November.

"AFC tetap meminta sebelum 14 Oktober akan tetap dipertandingkan. Mereka juga memperbolehkan hanya dua klub yang bermain. Jadi nanti setelah 14 November, kompetisi akan dilaksanakan secara penuh," kata pria yang juga menjabat wakil koordinator kompetisi tersebut.

Selain itu, Toni juga menyatakan bahwa AFC masih memberi waktu kepada PSSI untuk memperbaiki semuanya. Anggota Exco PSSI tersebut berharap akan ada 20 tim yang lolos verifikasi agar kompetisi digelar satu wilayah saja.

"AFC meminta kami memperbaiki dulu semuanya hingga beberapa bulan ke depan. Jika nanti ada 20 tim yang lolos verifikasi, itu akan menjadi hal yang bagus. Karena, jumlah itu akan menjadi satu wilayah," tambahnya.

Soal tidak lolosnya klub-klub Super Liga, Ketua Bidang Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus menyebut, ada beberapa syarat yang tidak bisa dipenuhi oleh klub-klub tersebut.

"Mereka tidak memenuhi persyaratan 15 item itu. Yang menulis kriteria itu kan AFC, kita hanya mencentang saja. Pertanyaannya bukan kenapa mereka tidak masuk. Tapi, kenapa mereka tidak punya (15 item) itu," lanjut dia.

"Yang kita akui kan yang lewat verifikasi. Ada tahapan-tahapannya. Kenapa kita menuju pro karena sesuai dengan batas waktu AFC bahwa kalau mau ikut LCA (Liga Champions Asia) harus mengkuti syarat-syarat profesional. Klub profesional ada 15 item yang harus dimiliki oleh sebuah klub. Dari 15 itu ditambah lagi dari inspeksi stadion," sahut Sihar kepada wartawan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs