Polisi Amankan Puluhan Ribu Cukai Bekas

Jumat, 16 September 2011 - 08:45 WIB • Dibaca 114 kali

Foto: malang post

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Lebih dari 18.600 cukai rokok bekas diamankan anggota Polres Malang Kota. Cukai rokok tersebut diamankan dari angkutan ekspedisi Sato Express, yang saat itu dikemudikan oleh Sumantri, 50 tahun, warga Desa Karangdowo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga

Dari bungkusnya, paket tersebut ditujukan kepada Kris, warga Jalan Gadang 10 Residence Kav 15. Hingga saat ini anggota Polres Malang Kota masih menyelidiki terkait temuan cukai bekas ini.

"Masih diselidiki, itu sopir dan kernetnya juga masih diperiksa," terang Kapolres Malang Kota AKBP Agus Salim saat dikonfirmasi Malang Post kemarin.

Ditemukannya paket cukai rokok bekas ini tak terduga sebelumnya. Awalnya petugas melakukan razia kendaraan di Jalan A Yani Utara (depan gerbang masuk perum Graha Kencana) Rabu (14/9) lalu.

Pemeriksaan lebih teliti dilakukan terhadap mobil box. Meski semua mobil juga diperiksa. Baik plat hitam ataupun kuning. Petugas tidak segan-segan membuka karpet setelah betul-betul tidak menemukan barang-barang mencurigakan.

Saat sedang razia inilah, melintas angkutan ekspedisi nopol L 8081 WE, yang dikemudikan Sumantri. Semula pemeriksaan dilakukan di bagian belakang atau box angkutan. Setelah tidak ditemukan apa-apa, petugas kemudian menutup pintu box, dan beralih melakukan pemeriksaan di bagian depan.

Dibagian depan inilah kemudian petugas menemukan paket mencurigakan. Paket tersebut disimpan di dashboard depan tempat duduk kernet. Petugas semakin curiga karena sopir juga tidak tahu isinya.

Petugas pun menyobek bungkus paket itu dan menemukan empat kotak slop rokok yang ternyata berisi cukai bekas.

"Kami tahu itu cukai bekas karena di bagian belakangnya ada bekas lem," kata Perwira Pengendali Razia Kendaraan AKP Sunardi Riyono.

Saat diinterogasi keduanya mengaku sama-sama tidak tahu. Akhirnya petugas membawa ke Polres Malang Kota.

"Saya hanya tahu paketan itu dikirim dari Makasar, hanya saja siapa yang mengirim saya tidak tahu," kata Edi Siswanto, kernet angkutan ekspedisi tersebut.

Dalam razia tersebut, petugas juga langsung memberikan sanksi tilang terhadap kendaraan plat hitam yang dipakai pengangkut penumpang.

Sementara Sunardi mengatakan, razia digelar untuk mengantisipasi adanya warga Kota Malang yang hendak berjihat ke Ambon.

"Saat ini kondisi di Ambon sudah cukup kondusif, dan kepada warga jangan sampai terpengaruh, atau terprovokasi. Peristiwa di Ambon itu hanya karena lakalantas, bukan yang lain," tandas Sunardi.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs