Pembangunan Taman Rekreasi Kota Malang

Tareko Gagal Dapatkan Investor

Jumat, 16 September 2011 - 08:26 WIB • Dibaca 374 kali

Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Rencana Pemerintah Kota Malang menggandeng investor untuk peningkatan pembangunan Taman Rekreasi Kota Malang (Tareko) tidak dapat terwujud. Alasannya, lahan Tareko masih dianggap sempit dan tidak menjual secara bisnis. Mengingat tidak ada tarif masuk ke Tareko, hanya ada retribusi saat masuk ke kolam renang.

Baca Juga

Wali Kota Malang, Peni Suparto sudah berupaya mencari investor yang siap untuk membangun Tareko yang lebih baik lagi. Kondisi Tareko saat ini mengenaskan dan membutuhkan sentuhan pembangunan yang maksimal. Tapi, keberadaan Tareko dengan lahan yang sempit di belakang Balai Kota dianggap kurang menjual.

“Investor pasti akan menghitung berapa dana yang dikeluarkan untuk investasi dan berapa lama akan kembali dan menerima keuntungannya. Dari hasil hitungan para investor, terlalu banyak yang dikeluarkan dan minim pemasukan," kata Peni kepada Malang Post.

Meski tidak ada investor yang siap membangun Tareko, orang nomor satu di Pemkot Malang itu akan tetap mempertahankan keberadaan Tareko di belakang Balai Kota Malang dengan menggunakan anggaran Pemkot Malang.

Keberadaan Tareko saat ini seperti tidak terawat. Kandang burung besar terlihat berkarat dan tidak mendapat sentuhan perawatan. Kandang-kandang hewan baik yang ada di atas Tareko dan yang dibawah dibiarkan apa adanya. Padahal di kandang bawah ada satwa-satwa seperti ular pyton, kera, burung elang, kijang dan lainnya.

Tareko sudah mendapatkan SK dari Kementerian Perhutanan sebagai lembaga konservasi satwa. Besi-besi yang menjadi pembatas antara lahan Tareko dengan bibir sungai Brantas yang ada di sebelahnya sudah banyak yang hilang dan diganti dengan pembatas dari batang bambu.

“Kalau menurut saya, Tareko jelek saat ini. Karena memang kondisinya seperti itu," ungkapnya.

Dalam APBD 2011, UPTD Tareko yang berada di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang hanya mendapatkan anggaran sebesar Rp 275 juta. Anggaran itu bukan untuk digunakan untuk pembangunan atau revitalisasi Tareko, tapi digunakan untuk pemeliharaan dan biaya pakan hewan yang ada di Tareko.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs