Hanya Enam Klub Lolos Verifikasi

Jumat, 16 September 2011 - 07:51 WIB • Dibaca 59 kali

JAKARTA, MALANGRAYA.info – Dari 36 klub yang menyatakan diri profesional dan siap berlaga di kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia, ternyata cuma enam yang lolos verifikasi. Menurut Sihar Sitorus, jumlah yang minim tersebut karena PSSI menyesuaikan dengan ketentuan AFC.

PSSI telah melakukan verifikasi terhadap 36 klub yang berniat tampil di kasta tertinggi liga sepakbola Indonesia sejak Agustus lalu. Setelah berkoordinasi dengan Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) ternyata hanya enam klub yang lolos dan dinyatakan profesional yakni Persis Solo, Persikota Tangerang, Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang, Persibo Bojonegoro dan Persik Kediri.

Baca Juga

Jumlah enam klub tersebut dirasa mengejutkan, terlebih kesemuanya justru bukan klub yang berlaga di level teratas musim lalu, Liga Super Indonesia. Terkait hal tersebut, Ketua Bidang Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus menyebut kalau hasil verifikasi sudah sesuai dengan aturan AFC soal klub profesional, yang mewajibkan klub memenuhi 15 syarat plus inspeksi stadion.

“Yang kita akui kan yang lewat verifikasi. Ada tahapan-tahapannya. Kenapa kita menuju pro karena sesuai dengan batas waktu AFC bahwa kalau mau ikut ACL (Liga Champions Asia) harus mengkuti syarat-syarat profesional. Klub profesional ada 15 item yang harus dimiliki oleh sebuah klub. Dari 15 itu ditambah lagi dari inspeksi stadion,” sahut Sihar kepada wartawan.

Soal tidak lolosnya klub-klub ISL, Sihar menyebut kalau ada syarat yang tidak bisa dipenuhi oleh klub tersebut. “Karena mereka tidak memenuhi persyaratan 15 item itu. Yang menulis kriteria itu kan AFC, kita hanya mencentang saja. Oh, ini dia ada, oh yang ini dia nggak ada. Pertanyaannya bukan kenapa mereka tidak masuk. Tapi, kenapa mereka tidak punya (15 item) itu,” lanjut dia.

Saat disinggung soal kompetisi dua wilayah, Sihar menyebut keputusan tersebut merupakan masukan dari klub. Klub disebutnya juga telah dengan sukarela menyatakan kesiapan mengikuti kompetisi saat menyerahkan dokumen keikutsertaan.

“Dari 15 syarat itu ada 36 klub yang mengajukan, jadi kita bukan memilih satu wilayah atau dua wilayah. Keputusannya karena masukan dari klub sendiri. Itu kan suara klub sendiri. Bahwa dengan menyerahkan dokumen itu mereka menyatakan kesiapan ikut liga profesional yang kebetulan ada 36 klub.”

“Kita lakukan rapat Exco apa alasan-alasan untuk membentuk dua wilayah telah diungkapkan konteks dan latar belakang sampai dengan pengumpamaan sudah diungkapkan. Jadi tidak ada lagi yang sifatnya rahasia. Tinggal kita lihat saja apakah keputusan itu memampukan klub-klub bertahan atau tidak atau memungkinkan klub mencari dana.”

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs