Kemacetan Pertigaan Kampus UB

Menara Soehat Harus Siapkan Jalur Khusus

Kamis, 15 September 2011 - 09:31 WIB • Dibaca 741 kali

Foto: malang post

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Kajian Analisa Mengenai Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Amdal Lalin) apartemen Menara Soekarno Hatta (Soehatt) harus dikaji dengan tepat. Jika tidak, bisa sangat berdampak pada lalu lintas Jalan Soekarno Hatta yang sudah sangat padat setiap harinya. Karena pintu masuk apartemen berada di jalan yang padat lalu lintasnya.

Baca Juga

Pakar transportasi Universitas Brawijaya (UB) Malang, Prof. Dr. Harnen Sulistyo menegaskan sampai saat ini belum ada kajian tentang Amdal Lalin untuk apartemen Menara Soehatt. Jangan sampai sudah berdiri dan beroperasi, baru ada kajian Amdal Lalin yang dilakukan.

“Kami belum pernah ada kajian tentang Amdal Lalin untuk Menara Soehatt. Kajian Amdal itu harus tepat dilakukan yang berkompeten, karena akan sangat berdampak pada arus lalu lintas di Jalan Soehatt yang sudah sangat padat saat ini," kata Prof. Harnen kepada Malang Post, kemarin.

Seperti diketahui, hingga saat ini Dishub belum menerima Amdal Lalin dari pengembang Menara Soehatt. Amdal Lalin ini menjadi kewajiban pengembang untuk pengaturan rekayasa dan treatment lalu lintas yang akan dilakukan nantinya.

Menurut Prof. Harnen, pintu yang ada di Jalan Soehatt tidak bisa dijadikan pintu masuk dan keluar apartemen. Pintu itu hanya untuk pintu masuk ke apartemen. Pintu keluarnya dapat menggunakan jalan di kawasan perumahan yang ada di belakang apartemen atau sekitar Jalan Bunga Kumis Kucing.

Untuk menjadikan Jalan Soehatt sebagai pintu masuk apartemen, pihak pengembang harusnya menyiapkan jalur khusus atau tambahan jalan bagi kendaraan yang akan masuk ke apartemen di sebelah kiri jalan. Agar tidak mengganggu arus kendaraan yang ada di jalan saat ini.

"Jadi bisa memisahkan antara kendaraan yang akan masuk ke apartemen dan tidak. Sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas yang ada. Jika tidak, akan menimbulkan konflik yang membuat macet kendaraan di Jalan Soehatt," terangnya.

Karena pintu masuk apartemen sangat dekat dengan kaki jembatan Soehatt, persimpangan jalan untuk memisahkan kendaraan yang akan masuk ke apertemen harus dibangun sebelum kaki jembatan.

“Keberadaan simpangan jalan itu akan memisahkan pengendara yang akan masuk ke apartemen. Jadi tidak sampai mengurangi jalan yang digunakan saat ini," tambahnya.

Kondisi Jalan Soehatt saat ini saja sudah sangat padat dengan arus kendaraan. Pada saat-saat tertentu menjadi sumber kemacetan panjang mulai perempatan UB hingga ke Jalan Soehatt. Jika dikurangi pengguna jalan yang akan masuk ke apertemen akan semakin mengurangi jumlah jalan yang ada.

“Kalau ada tambahan konflik tentu akan semakin menjadi pemicu kepadatan lalu lintas lagi di Jalan Soehatt," tandasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
apartemen suhat angker berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs