Dewan Minta Kemacetan PIG Segera Diatasi

Kamis, 15 September 2011 - 09:10 WIB • Dibaca 453 kali

Foto: malang post

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Kekawatiran pengemudi bus yang enggan masuk Terminal Hamid Rusdi karena kehabisan waktu lantaran terjebak macet di Pasar Induk Gadang (PIG) diakui Dinas Perhubungan. Komisi C DPRD Kota Malang pun mendesak Dinas Perhubungan dan Dinas Pasar untuk koordinasi mengatasi persoalan kemacetan di jalan yang membentang PIG.

Baca Juga

Kabid Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Malang, Hariyadi mengatakan, keluhan pengemudi bus bahwa jam antre bus di Terminal Hamid Rusdi habis karena terjebak macet di PIG sebelum masuk terminal memang menjadi salah satu kendala.

Karena itu menurut Hariyadi, Dinas Perhubungan, Dinas Pasar dan Polisi perlu melakukan kerjasama untuk mengatasi persoaaln ini. Tujuannya mengatasi kemacetan di jalan di PIG. Penyebab kemacetan di PIG karena banyaknya pedagang yang menggelar dagangan hingga ke tepi jalan. Bahkan meluber ke jalan pada saat jam-jam ramai. Jika jalan steril dari aktifitas pedagang yang menggelar barang jualannya, dipastikan akses menuju Terminal Hamid Rusdi lancar.

Dengan demikian, tak ada alasan bagi pengemudi bus tidak mengakses Terminal Hamid Rusdi. Kebiasaan pengemudi yang menaikan dan menurunkan penumpang di Gadang pun bisa dihentikan secara total.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengemudi bus enggan masuk Terminal Hamid Rusdi. Akibatnya yang baru dibangun sekitar dua tahun itu sepi aktifitas. Selama ini pengemudi bus, termasuk angkot lebih memilih menaikan dan menurunkan penumpang di Gadang ketimbang masuk terminal lantaran terjebak macet di PIG.

Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Eka Satria Gautama mengatakan masalah ini sebenarnya sudah pernah dibahas di komisi yang dipimpinnya. Ini karena prihatin atas masalah kemacetan di sekitar perempatan Gadang dan PIG yang berdampak pada tak berfungsinya Terminal Hamid Rusdi secara maksimal.

Persoalan ini, lanjut Eka harus segera diselesaikan. Namun tak bisa diatasi satu pihak saja.

“Karena itu kami meminta Dinas Perhubungan dan Dinas Pasar segera berkoordinasi untuk mengatasi kemacetan di PIG," jelasnya.

Jika tak segera diatasi, lanjut Eka, masalah kemacetan di sekitar Gadang dan PIG akan semakin sulit diatasi. Dampaknya, kata Eka, Terminal Hamid Rusdi tak berfungsi maksimal.

“Kondisi Terminal Hamid Rusdi yang sepi itu tak bisa dibiarkan terus menerus. Terminal itu sudah dibangun dengan desain yang nyaman bagi penumpang dan kru bus, serta untuk mempercepat pertumbuhan kawasan timur Kota Malang harus difungsikan maksimal," papar politisi PDI Perjuangan ini.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs