Perbaikan Jalan Fokus Di Malang Selatan

Kamis, 15 September 2011 - 08:17 WIB • Dibaca 293 kali

Foto: malang post

PAGAK, MALANGRAYA.info – Proyek perbaikan jalan raya tahun ini difokuskan ke kawasan Malang Selatan, seperti Kecamatan Pagak, Sumbermanjing Wetan, Dampit dan Tirtoyudo. Persentase proyek fisik yang tercatat di Dinas Bina Marga Pemkab Malang sekitar 65 persen tersebar di kawasan kecamatan Malang Selatan. Tingkat kerusakan jalan yang tinggi membuat dana puluhan miliar mengalir ke Malang Selatan.

Baca Juga

Di Kecamatan Pagak, perbaikan jalan, jembatan, drainase, plengsengan dan deker menyedot anggaran Rp 4,1 Miliar. Pembangunan tersebut tersebar pada 21 ruas jalan yang mengalami kerusakan parah. Diantaranya ruas Sengguruh-Sumberjo-Gampingan sepanjang 500 meter berupa pelebaran dan peningkatan jalan.

Pantauan Malang Post, proyek di ruas tersebut sudah dikerjakan sekitar 30 persen. Saat ini pengerjaan sudah memasuki kawasan Bendungan Sengguruh dekat perbatasan Kecamatan Pagak dan Kabupaten Malang. Di dekat bendungan, pekerja sibuk menyemprot debu yang menempel di aspal.

"Debu kita semprot supaya ketika dilapisi tack coat bisa lengket, setelah itu baru diberi hotmix," aku Kepala Dinas Bina Marga Pemkab Malang kepada Malang Post, kemarin.

Di kawasan tersebut, Bina Marga juga melakukan pelebaran jalan sekitar satu meter dari lebar awal 2,5 meter. Tujuannya agar akses masuk Kecamatan Pagak dan Kecamatan Kepanjen makin nyaman untuk berbagai jenis kendaraan. Anwar memastikan proyek-proyek tersebut tidak akan terkendala datangnya musim penghujan nanti.

"Pengerjaan proyek tidak akan terkendala musim hujan, sudah ada antisipasi," imbuh Anwar.

Selain di ruas tersebut, di Pagak peningkatan jalan juga dikerjakan di Pagak – Gunung Geger sepanjang satu km, ruas Pagak – Sumbermanjing Kulon 1,2 km serta ruas Sumbermanjing Kulon – Bantur. Di Kecamatan Gedangan, Pemkab Malang merogoh kocek Rp 5,4 miliar untuk pembangunan 40 ruas.

"Kawasan lain yang banyak adalah di Kecamatan Ampelgading sebanyak 32 ruas jalan dengan dana Rp 4,3 Miliar," katanya.
Anwar menambahkan bahwa proyek pembangunan jalan juga dikerjakan di sejumlah kawasan perbatasan. Seperti perbatasan Batu – Karangploso di Desa Giripurno, Pendem – Batu dan Tegalgondo – Kota Malang. Total dana yang disiapkan Dinas Bina Marga sebanyak Rp 4 miliar di Kecamatan Karangploso.

“Lokasi proyek itu sesuai dari hasil anjangsana Bupati berawal dari keinginan warga, Musrenbang serta perencanaan kita," tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs