China Jajaki Kerja Sama Dengan Pemkab

Rabu, 14 September 2011 - 15:50 WIB • Dibaca 112 kali

Foto: antara

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Kota Nan’an, Republik Rakyat China (RRC) menjajaki kerja sama di tiga bidang dengan Kabupaten Malang, Jawa Timur, meliputi pendidikan, pertanian serta perdagangan.

Baca Juga

Penjajakan kerja sama itu ditandai dengan kunjungan Wali Kota Nan’an, Wang Chun Jin, dan Wakil Wali Kota, Ding Rui Jin, bersama 13 pejabat kota tersebut di Pendopo Kabupaten Malang, Rabu.

“Kami memiliki kesamaan letak dengan Kabupaten Malang, yakni sama-sama terletak di daerah pesisir pantai. Selain itu, di wilayah Kabupaten Malang juga banyak terdapat warga keturunan Tionghoa sehingga penjajakan kerja sama ini akan sesuai,” tutur Wang Chun Jin.

Wang Chun Jin mengakui, Kabupaten Malang memiliki sistem pendidikan yang bagus, serta sistem perdagangan yang maju, selain itu hasil pertanian juga melimpah, sehingga pihaknya yakin dengan adanya kerjasama akan memajukan Kota Nan’an di tiga bidang itu.

“Saya juga tertarik dengan potensi wisata di Kabupaten Malang, namun potensi pariwisata Nan’an yang berbasis sejarah berbeda dengan Kabupaten Malang yang berbasis alam, sehingga untuk kerjasama di bidang Pariwisata belum bisa dibicarakan,” katanya.

Sementara itu, menanggapi kunjungan Wali Kota Nan’an berserta rombongan, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Abdul Malik mengatakan, kerja sama akan ditindaklanjuti dengan kunjungan Bupati Malang, Rendra Kresna, ke China.

“Kami menunggu undangan mereka untuk menindaklanjuti penjajakan kerja sama di tiga bidang itu, sehingga nantinya kerja sama bisa diaplikasikan dan membuka peluang investasi di Kabupaten Malang,” katanya.

Malik mengatakan, kerja sama di bidang pendidikan meliputi beasiswa bagi pejabat untuk belajar Bahasa Mandarin dan China di Kota Nan’an, sementara di bidang pertanian yakni adanya pemberian informasi dalam pengelolaan tanah.

Malik menjelaskan, untuk menindaklanjuti kerja sama dengan Kota Nan,an itu, Pemkab Malang akan berkoordinasi dengan Pemprov Jatim dan Kementerian Luar Negeri.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs