Pemkot Tak Khawatir Pasokan Air PDAM

Rabu, 14 September 2011 - 15:05 WIB • Dibaca 121 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, sama sekali tidak merisaukan pasokan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum setempat, meski Pemerintah Kabupaten Malang tidak mengizinkan pengelolaan sumber air Sumberpitu di Kecamatan Poncokusumo.

Secara tegas Wali Kota Malang Peni Suparto, Rabu, mengakui pihaknya sudah memiliki sumber air cadangan yang cukup besar dan berada di wilayah Kota Malang.

Baca Juga

“Dengan memaksimalkan sumber air sendiri (Kota Malang) akan lebih efisien dalam penganggaran,” tegasnya.

Sumber air dalam kota yang menjadi bidikan itu di antaranya adalah sumber air yang berada di kawasan Sawojajar atau dekat kantor pusat PDAM daerah itu.

Menurut dia, pembangunan jaringan air bersih PDAM yang disuplai dari sumber air dalam kota akan menghemat biaya cukup besar, sebab jaringan yang bakal dibangun mulai dari Sumberpitu di Kecamatan Poncokusomo, Kabupaten Malang, bisa dialihkan untuk jaringan dalam kota yang lebih pendek jaringannya.

Ia mengemukakan, sebenarnya Kota Malang memiliki lima titik sumber air cukup besar yang salah satunya berada di kawasan Sawojajar tersebut.

Sebelumnya PDAM Kota Malang membidik sumber air Sumberpitu di Kecamatan Poncokusumo. Untuk membangun jaringan dari Sumberpitu ke Kota Malang dibutuhkan pipa ukuran besar sepanjang 35 kilometer dengan perkiraan anggaran sebesar Rp90 miliar.

Gagalnya pembangunan sumber air baru PDAM Kota Malang yakni Sumber Pitu yang berada di kawasan Poncokosumo dikarenakan Pemkab Malang tidak memberikan ijin, ditanggapi santai oleh Pemerintah Kota Malang.

Lebih lanjut Peni mengatakan, dana sebesar itu terlalu besar jika hanya untuk menambah jaringan demi suplai air bersih dari Sumberpitu. “AKan lebih baik kalau anggaran itu untuk membangun jaringan PDAM dengan mengandalkan sumber air dalam kota dan kalau bisa tahun depan (2012) pembangunannya sudah dimulai,” tegasnya.

Belum lama ini Bupati Malang Rendra Kresna secara tegas menyatakan bahwa pihaknya tidak akan membiarkan daerah mana pun untuk mengelola sumber air yang dimilikinya (di Kabupaten Malang), kecuali dibeli dengan harga curah.

Pembangunan jaringan baru untuk menambah kapasitas suplai air bersih PDAM Kota Malang tersebut seiring dengan semakin bertambahnya pelanggan yang saat ini sudah mencapai 112 ribu sambungan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs