Manajemen ATV Disidang KPID Jatim

Rabu, 14 September 2011 - 11:19 WIB • Dibaca 205 kali

ist

BATU, MALANGRAYA.info – KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) Jatim, sudah memanggil Dewan Pengawas dan Direksi ATV di Surabaya, Selasa (13/9) siang kemarin. KPID menemukan banyak kejanggalan, terkait kerjasama ATV dengan pihak ketiga dalam klarifikasi itu. Pihak KPID pun segera menggelar sidang pleno, untuk menentukan sikap terkait kerja sama kedua belah pihak ini.
Dewan Pengawas ATV yang berangkat ke Surabaya, Syamsul Huda, Eko Suhartono, dan Dwi Martono Arlianto. Mereka juga mengajak Direktur ATV, Rusdi Amral untuk berdialog langsung dengan pihak KPID Jatim tersebut.

Baca Juga

"Kami memanggil mereka, karena ada pertanyaan masyarakat mengapa isi LPP ATV sekarang berubah. Dulu isi berita maupun acara ATV sangat melokal, namun sekarang berubah seratus persen menjadi tayangan nasional. Pokok itu yang menjadi dasar kami memanggil pihak ATV dalam klarifikasi," ungkap Doni Maulana Arif, Ketua Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Jatim kepada Malang Post, kemarin.

Doni mengaku telah mendapatkan keterangan, bahwa perbandingan kompisisi isi lokal dan nasional nantinya adalah 30 : 70. Itu artinya, konten berita atau acara lokal sebanyak 30 persen, sedangkan 70 persen dari jam siaran untuk tayangan lain atau nasional.

Hanya saja aturan itu berlaku, jika kerjasama tersebut dilakukan oleh LPP (Lembaga Penyiaran Publik) dengan LPP lain. Jika LPP seperti ATV bekerja sama dengan pihak swasta, seperti PH, hal itu belum aturannya. Meski begitu ATV sebagai LPP, tetap memiliki tanggungjawab kepada publik.

"Karena ATV merupakan TV publik untuk Batu, dia tetap memiliki tanggung jawab kepada publik Kota Batu. Mereka wajib memberikan pelayanan atau tayangan tentang Kota Batu dengan jumlah mayoritas," tegasnya.

LPP bukan lembaga bisnis meski boleh memungut iklan. Dalam aturan tayangan iklan itu, tidak boleh melebihi 15 persen dari jam tayang. Jika ATV sekarang sudah bekerjasama dengan containt provider, tentu tidak ada yang berani menjamin jika iklan kurang dari 15 persen.

"Dari segi filosofi lembaga non bisnis dan bekerjasama dengan lembaga bisnis, sudah tidak nyambung. Namun semua itu kok ketemu di ATV. Makanya kami harus melakukan sidang pleno, untuk menentukan sikap terkait permasalahan ATV ini," tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : malang post
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs