Terminal Hamid Rusdi Semakin Sepi

Enggan Masuk Terminal Karena PIG Macet

Rabu, 14 September 2011 - 11:04 WIB • Dibaca 626 kali

Foto: malang post

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Para pengemudi bus, angkutan kota dan pedesaan bersedia menaikkan dan menurunkan penumpang di Terminal Hamid Rusdi. Tapi syaratnya Pemkot Malang memperlancar kemacetan lalu lintas di jalan sekitar Pasar Induk Gadang (PIG).

Baca Juga

Sejumlah pengemudi bus dan angkutan kota yang ditemui secara terpisah kemarin mengatakan menurunkan dan menaikkan penumpang di sekitar Gadang bukan tanpa alasan. Mereka terpaksa menurunkan penumpang di Gadang dan tak mengakses Terminal Hamid Rusdi karena kemacetan di sekitar PIG yang tak kunjung diurai.

Jika memaksakan membawa penumpang hingga ke terminal yang terletak di Tlogowaru itu, maka pengemudi yang akan menanggung rugi. Yakni kehabisan waktu pemberangkatan.

“Kalau ke terminal, jam tidak nutut karena macet. Kalau terjebak macet, dampaknya pada jam keberangkatan, yakni jam keberangkatan dari terminal habis," jelas Suyitno, pengemudi bus Bagong, jurusan Malang-Blitar,kepada Malang Post.

Ditambahkan, jika kehabisan jam keberangkatan dari terminal, maka bus bisa saja tidak berangkat dan harus lama menunggu karena parkir. Suyitno mengatakan, waktu pemberangkatan dari terminal pada setiap dua menit. Sedangkan lamanya terjebak kemacetan di PIG saat menuju Terminal Hamid Rusdi bisa mencapai 15 menit.

“Jadi lebih lama terkena macet ketimbang jam pemberangkatan," terangnya.

Ia bersedia saja jika semua bus dan angkutan diarahkan untuk masuk ke Terminal Hamid Rusdi. Tapi sayaratnya, kemacetan di sekitar PIG harus diurai sehingga arus lalu lintas lancar.

Hal senada juga diungkapkan Heri, pengemudi Bus Santoso, jurusan Malang-Dampit-Lumajang. Heri mengakui sebenarnya bersedia menaikan dan menurunkan penumpang di Terminal Hamid Rusdi.

“Asalkan semua bus dan angkutan masuk terminal. Selain itu kemacetan di sekitar Pasar Gadang harus diatasi," katanya.

Para pengemudi mengakui Terminal Hamid Rusdi sebenarnya lebih nyaman dan bagus.

“Tapi sayang, menuju terminal sulit karena terhambat macet dan aktifitas pedagang Pasar Gadang," terang pengemudi lainnya.

Sementara itu Sekretaris Komisi B DPRD Kota Malang, Bambang Triyoso mengingatkan Pemkot Malang memaksimalkan fungsi Terminal Hamid Rusdi.

“Sebab akan sia-sia anggaran yang sudah digunakan untuk bangun terminal. Selain itu target pendapatan dari terminal juga tidak optimal," katanya.

Alasan lain tambah politisi PKS ini, penumpang dan kru bus lebih nyaman saat menaikan dan menurunkan penumpang di Terminal Hamid Rusdi.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs