Kinerja Guru Sertifikasi Dipelototi

Rabu, 14 September 2011 - 10:38 WIB • Dibaca 229 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Kinerja guru sertifikasi sedang dalam pengawasan. Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bersama Dinas Pendidikan Kota Malang saat ini sedang melakukan evaluasi kinerja guru. Hal ini diungkapkan Sekda Kota Malang, Dr HM Shofwan SH M.Si kemarin.

"Tahun ini sampai awal 2012 dilaksanakan evaluasi untuk menilai kinerja guru," ungkapnya ditemui usai menjadi pembicara dalam acara Ospek di Unikan Malang kemarin.

Baca Juga

Dalam penilaian ini yang akan jadi acuan adalah apakah ada peningkatan kinerja guru yang sudah dicukupi kebutuhannya. Jika tidak tentunya harus segera diambil langkah untuk mengatasinya. Sebab menurut mantan kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang ini, sertifikasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM guru. Guru harus rajin mengikuti pelatihan, workshop, hingga studi lanjut.

"Sertifikasi jangan untuk konsumtif saja, tapi pakailah untuk internet, langganan koran dan jurnal yang bermanfaat," kata dia.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Malang ini menegaskan diperlukan pengawalan yang serius untuk meningkatkan SDM guru. Karena itu diharapkan evaluasi yang sedang dilaksanakan sekarang ini bisa bermanfaat untuk pendidikan yang lebih baik.

Terpisah Ka Disdik Kota Malang, Sri Wahyuningtyas menegaskan evaluasi memang sedang berjalan. Hanya saja belum ada gambaran mengenai hasil evaluasi ini karena masih akan dituntaskan hingga awal tahun mendatang. Hanya saja Yuyun panggilan akrabnya menegaskan tunjangan sertifikasi seharusnya berimbas pada profesionalitas guru asalkan tidak dipergunakan untuk konsumtif saja.

"Jangan konsumtif tapi sisihkan 10 persen dana tersebut untuk pengembangan diri agar dapat memberikan kualitas pendidikan kepada siswanya yang penuh inovasi," tegasnya.

Alumnus Universitas Brawijaya (UB) Malang ini menambahkan guru punya tugas untuk melahirkan siswa yang mampu bersaing. Dan tugas ini tentunya hanya bisa dilakukan guru-guru yang senantiasa mengembangkan diri, sehingga tidak ada waktu untuk berpikir negatif atau sia-sia. Yang lebih penting guru bisa memberi kesan terhadap siswanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
kinerja guru sertifikasi berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs