Kemarau Panjang

Debit Sumber Air Menyusut 10 Persen

Rabu, 14 September 2011 - 09:35 WIB • Dibaca 135 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan sekitar 10 persen dari sumber air di Kabupaten Malang menyusut debitnya akibat kemarau panjang. Kabupaten Malang memiliki 510 sumber air sehingga yang susut debitnya tak kurang dari 51 sumber air. Bahkan penyusutan debit juga menimpa sumber air besar seperti di Wendit Desa Mangliawan Kecamatan Pakis.

Baca Juga

Selain debitnya menyusut, Dinas ESDM juga memperkirakan ada sumber yang mati. Namun, prediksi itu belum bisa dipastikan sebab, ESDM belum turun untuk melakukan pendataan. Termasuk seberapa jauh tingkat penurunan debit air, ESDM juga belum membentuk tim.

“Kita belum tahu tingkat penurunan debit air, juga soal sumber air yang mati, sebab itu butuh penelitian, kita tak punya personil dan dana yang cukup," keluh Kepala Dinas ESDM Budi Iswoyo, kemarin.

Menurut Budi, data tiga tahun lalu menyebutkan bahwa sudah ada penurunan debit sebanyak 20 sampai 40 liter per detik. Angka penurunan itu untuk sumber kecil, jika sumbernya besar maka penurunan juga makin banyak. Kondisi itu juga diperparah dengan kerusakan hutan.

“Rata-rata seluruh mata air mengalami penurunan debit, akan tetapi belum kita ukur karena keterbatasan tadi," imbuh mantan Kepala Dinas Pengairan itu.

Mengenai sumber air yang mati, Budi mendapat laporan bahwa kondisi itu terjadi di Kecamatan Gedangan. Pihak ESDM tak bisa melakukan penggalian karena khawatir sumber air menjadi rusak. Sebab, sumber air itu memiliki keunikan tersendiri, bila digali kadangkala airnya malah tak keluar.

“Jadi kita hanya melakukan perawatan seperti membersihkan longsoran," ujarnya.

Musim kemarau panjang baru terjadi tahun ini, sebab seingat Budi tahun lalu kemarau malah jadi penghujan. Mengenai kemarau tahun ini, ESDM optimis tak akan mempengaruhi pasokan air. Sebab musim penghujan diprediksi berakhir bulan September sedangkan penghujan mulai terjadi Oktober sampai Maret 2012.

“Kebutuhan air dari jumlah sumber kita masih aman, sebab penurunan debit hanya terjadi di 10 persen sumber," tandasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs