Bapak Dua Anak Tewas Di Dalam Sumur

Rabu, 14 September 2011 - 09:29 WIB • Dibaca 101 kali

Foto: malang post

SUKUN, MALANGRAYA.info – Nahas dialami Sunaryo, 40 tahun, warga Jalan Kelapa Sawit RT11 RW03, Kelurahan Pisang Candi, Sukun. Sore kemarin, bapak dua anak ini tewas setelah tercebur sumur sedalam 25 meter, di belakang rumahnya. Saat tubuhnya dievakuasi, warga menemukan luka robek di kepalanya. Diduga kuat, luka tersebut akibat tertimpa tumpukan batu bata, sebelum terjatuh masuk ke dalam sumur.

Baca Juga

Dugaan itu dibetulkan oleh kedua teman Sunaryo sesama penggali sumur, Moko, 30 tahun dan Mawan, 38 tahun, warga Desa Jedong, Wagir. Kepada petugas Polsekta Sukun dan Polres Malang Kota, mereka mengaku sebagai orang pertama yang berusaha mengevakuasi tubuh temannya itu. Namun sesaat kemudian, banyak warga yang datang dan ikut mengangkat tubuh korban dari dasar sumur.

“Saat dinaikkan, kondisi korban sudah tidak bernyawa. Dia mengalami luka di kepalanya," kata petugas.

Keluarga korban yang mengetahui Sunaryo tidak bernyawa seketika syok, termasuk Sri Wahyuni, istri Sunaryo. Dia beberapa kali pingsan mendengar suaminya tewas. Tidak terkecuali Safuah, ibu kandung korban histeris, saat mendengar anaknya meninggal saat menggali sumur.

Peristiwa naas ini sendiri terjadi sekitar pukul 15.00. Awalnya Sunaryo bersama Moko dan Mawan menggali sumur yang ada di belakang rumah ibunya. Pekerjaan menggali sumur sendiri sudah dilakukan ketiga orang ini sejak beberapa hari lalu.

Namun begitu meski sudah sedalam 25 meter namun belum ada sumber air ditemukan. Sebelum kejadian, Sunaryo berniat untuk kembali masuk ke dalam sumur, dengan niat untuk memperdalam galian sumur. Saat itu Moko yang sudah bersiap-siap pulang sempat melarang, dengan alasan pekerjaan meneruskan menggali sumur bisa dilakukan esok harinya. Namun entah bagaimana, Sunaryo memaksa untuk masuk kembali ke dalam lubang sumur sedalam 25 meter tersebut. Bahkan, pria yang bekerja sebagai kuli bangunan ini juga meminta bantuan Mawan untuk memegangi tali saat dirinya turun.

“Korban turun dengan tali yang dikaitkan pada kayu, dan di sebalah kanan kiri kayu ada tumpukan batu bata yang digunakan sebagai penyanggah kayu," kata warga lainnya.

Semula Sunaryo berhasil masuk dengan lancar. Bahkan Mawan yang sempat beberapa kali melihat tidak ada kejanggalan pada gerakan tubuh Sunaryo. Bahkan saat itu Mawan juga diminta Sunaryo untuk menarik tampar warna oranye yang dikaitkan pada tubuhnya, lantaran kegiatan membersihkan sumur tersebut sudah selesai dilakukan.

Apes saat menarik inilah, tiba-tiba kayu yang berada tepat di atas sumur itu patah. Lebih apes lagi, tumpukan batu bata yang menyangga kayu ini juga jatuh. Diduga batu bata inilah yang menimpa kepala Sunaryo.

Melihat temannya jatuh ke dalam sumur, Mawan dan Moko yang saat itu bersiap pulang pun panik. Keduanya pun berusaha menolong, sekaligus meminta bantuan warga sekitar TKP untuk menaikkan tubuh korban. Apes, Mawan yang berusaha menarik tubuh korban justru ikut terjatuh. Namun begitu, nyawanya dapat diselamatkan. Mawan hanya mengalami luka di kaki kirinya.

Sedangkan warga yang mendengar informasi jika Sunaryo jatuh ke dalam sumur, pun berdatangan. Mereka berusaha mengeluarkan tubuh korban dalam lubang sumur tersebut. Dengan bersusah payah, warga menarik tubuh Mawan, yang saat itu posisinya berada di atas tubuh Sunaryo. Upaya penarikan pun berhasil, Mawan yang kondisinya sadar dapat tertolong, meskipun kakinya terluka.

Sementara proses evakuasi terhadap Sunaryo lebih sulit, karena di dalam sumur, kondisi korban sudah tidak bernyawa. Proses evakusi kemudian berhasil, setelah datang anggota SAR dan Polsek Sukun, yang membantu mengangkat jenazah Sunaryo dari dalam sumur.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs