Rencana Pemekaran Kecamatan di Kota Batu

Jumlah Kursi Dewan Akan Bertambah

Rabu, 14 September 2011 - 08:44 WIB • Dibaca 377 kali

BATU, MALANGRAYA.info – Rencana pemekaran wilayah kecamatan di Kota Batu, direspon positif oleh dari KPU setempat. Masalahnya, secara politis pemecahan wilayah dari tiga kecamatan menjadi enam wilayah, bisa menambah anggota DPRD menjadi 30 orang, lantaran ada penambahan 5 orang.

Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Batu, Supriyanto, menjelaskan penambahan jumlah kecamatan memudahkan KPU membagi kursi Daerah Pemilihan (Dapil), pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

Baca Juga

Ketika Kota Batu masih terbagi oleh tiga kecamatan seperti sekarang, komposisi pembagian kursi untuk Kecamatan Batu, Junrejo dan Bumiaji adalah 12, 6 dan 7 kursi. Itu karena jumlah kursi untuk DPRD Kota Batu sebanyak 25 orang.

Jika ada pemekaran kecamatan menjadi enam, dua kecamatan pemekaran dari Kecamatan Batu tidak mendapat jatah penambahan kursi. Sedangkan empat kecamatan hasil pemecahan dari Junrejo dan Bumiaji, dapat penambahan dua dan tiga kursi.

"Dengan penambahan 5 kursi pada Pileg 2014, tambahan tersebut hanya untuk Dapil Junrejo dan Bumiaji. Dapil Batu tidak mendapatkan tambahan, karena sudah menggunakan alokasi kursi maksimal," tegas alumnus Universitas Negeri Malang ini.

Bila pemecahan kecamatan bisa segera diwujudkan, maka penyebaran peta politik di Kota Batu semakin merata. Begitu juga keterwakilan suara warga pada DPRD semakin banyak. Karena itu, dia berharap rencana pemecahan kecamatan itu diseriusi sekaligus sudah kelar sebelum pelaksanaan Pileg 2014 nanti.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
pemekaran kota batu berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs