Kemacetan Pertigaan Kampus UB

IMB Menara Soehat Sebelum Ada Perda Amdal Lalin

Rabu, 14 September 2011 - 08:08 WIB • Dibaca 1,068 kali

Foto: malang post

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Entah sebenarnya apa yang tarjadi pada keberadaan analisa mengenai dampak lingkungan lalu lintas (Amdal Lalin) apartemen Menara Soekarno Hatta (Soehatt). Pada pihak yang terkait di Pemkot Malang, justru saling lempar tanggung jawab.

Baca Juga

Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Malang memastikan sudah mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Menara Soehatt. Tapi untuk Amdal Lalin, justru BP2T tidak tahu.

Kepala BP2T, Suhariyono meminta langsung konfirmasi ke Badan Lingkungan Hidup (BLH). Alasannya, BLH yang berhak mengeluarkan Amdal Lalin. Hanya saja, Sekretaris BLH, Untung Suropati menegaskan, Amdal Lalin sepenuhnya ditangani Dinas Perhubungan. Tapi ujung-ujungnya, ketika IMB itu dikeluarkan, belum ada regulasi yang mengantur bahwa Amdal Lalin, menjadi salah satu syarat dikeluarkannya IMB.

Suhariyono menyebut, IMB untuk Menara Soehatt No. 640/1064/35.73.407/2010, dikeluarkan Juni 2010. Sementara Perda no 7/2010 tentang Amdal Lalin, baru disahkan pada 5 November 2010.

"IMB untuk Menara Soehatt memang dikeluarkan sebelum ditetapkannya Perda tentang Amdal Lalin pada awal November 2010 lalu," terang mantan Kepala BLH Kota Malang itu.

Pembangunan Menara Soehatt sendiri resmi dimulai 5 Juni 2010. Seremonial ground breaking, atau pemasangan tiang pancang apartemen, dilakukan oleh Asisten II yang membidangi Ekonomi dan Pembangunan, Parmin. Didampingi petinggi developer Menara Soehat. Saat pemasangan tiang pancang pertama, Menara Soehatt sudah mengantongi IMB dari Pemkot Malang.

Sementara dalam Perda No. 7/2010 tentang Amdal Lalin, yang disahkan November 2010, dokumen Amdal Lalin menjadi prasyarat dalam pengajuan IMB. Perda Amdal Lalin itu bagian dari turunan UU. No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang didalamnya mengatur Amdal Lalin.

Bagaimana dengan IMB yang sudah dikeluarkan lebih dulu, tapi belum melampirkan Amdal Lalin? Dalam Perda No. 7/ 2010 disebutkan, setiap pengembang/pengusaha pusat kegiatan dan/atau permukiman yang berpotensi menimbulkan dampak lalu lintas sebelum berlakunya peraturan daerah ini sudah mendapatkan IMB dan sedang melaksanakan pembangunan, apabila terjadi perubahan site plan, pengembang/pengusaha pusat kegiatan dan/atau permukiman harus membuat dan mendapatkan persetujuan dokumen Amdal Lalin.

"Saat saya menjabat kepala BLH, Amdal ditangani BLH menjadi satu baik Amdal LH dan Amdal Lalin. Tapi, kalau untuk sekarang bisa di konfirmasi langsung ke BLH," tambahnya.

Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Kota Malang, Untung Suropati menegaskan, Amdal Lalin sepenuhnya ditangani SKPD yang terkait dengan lalu lintas dalam hal ini Dishub. Saat ini, BLH hanya menangani Amdal lingkungan hidup. "Amdal lalin ditangani Dishub, kami hanya Amdal LH," terangnya.

Terpisah, Direktur Marketing Apartemen Menara Soekarno Hatta, Tjan Budi Santoso mengungkapkan pembangunan Menara Soekarno Hatta sudah mengantongi IMB. Untuk Amdal Lalin sudah disusun dan diproses dengan tim officer bersama konsultan.

"Untuk Amdal Lalin sudah dibuat, kok! Coba, nanti akan saya konfirmasikan kepada tim officer yang ada di Malang. Tapi yang jelas apartemen Menara Soehatt sudah mengantongi IMB dari Pemkot Malang," tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
amdal lalin menara soehat menara soekarno hatta amdal di kota malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs