BlackBerry Made In Malaysia Masuk Malang

Selasa, 13 September 2011 - 15:08 WIB • Dibaca 2,715 kali

Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Sementara Kementerian Perindustrian RI masih ramai mengusulkan untuk memasukkan BlackBerry dalam barang yang dikenai Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM), BlackBerry buatan pabrik baru Research In Motion (RIM) di Malaysia sudah mulai masuk di pasar Malang. Pedagang BB memprediksi BB Malaysia akan menjadi BB mayoritas yang beredar di Indonesia.
BlackBerry Made In Malaysia disebut Supervisor Sega Grosir Jalan Gatot Subroto, Ferry Setiawan, mulai masuk di pasar Malang sekitar satu bulan terakhir.

Baca Juga

Handset yang turun dengan label Made In Malaysia memang belum menjangkau seluruh varian BlackBerry yang telah masuk resmi di Indonesia. Handset BlackBerry Gemini 8520 dan Gemini 3G Curve adalah dua seri yang dijumpai berlabel Made In Malaysia.

"Belum banyak handset Made In Malaysia. Dari puluhan unit BB baru datang di tempat kami misalnya, hanya ada beberapa saja yang Made In Malaysia. Sisanya Made In Mexico bercampur dengan Made In Taiwan," jelas Ferry Setiawan.

Dari segi fisik tidak terlihat hal yang berbeda antara BB tersebut. Baik dari bungkus luar hingga aksesoris pelengkap semuanya sama. Bahkan software di dalam BlackBerry juga tidak memiliki perbedaan dengan handset lain sesuai dengan distributor pengimpor masing-masing.

"Software itu kan yang mengisi distributor masing-masing, ada TAM, SelularShop atau Comtech. Di BB Made In Malaysia milik TAM misalnya, software nya sama dengan BB TAM lain buatan selain Malaysia," imbuh Ferry.

Begitupun dengan harganya, Ferry menyebut harga BB buatan Malaysia sama dengan BB lain yang distribusikan oleh distributor yang sama. Yang membedakan harga BB adalah asal distributor saja.

Di Malang BB dari TAM memiliki harga jual yang paling mahal jika dibandingkan dengan BB milik distributor lain. Satu pembeda akan tampak pada label identitas BB dibagian samping kotak pembungkus. Pada bagian paling bawah akan ditemukan identitas asal BB dengan kalimat bertulis Made In Malaysia.

Respon pembeli terkait BB buatanMalaysia ini tergolong berbeda. Sebagian besar pembeli tidak memperhatikan stiker Made In Malaysia ataupun buatan Negara lain di badan kotak pembungkus. Pembeli lebih memperhatikan stiker asal distributor BB yang mereka beli, apakah TAM, SS ataupun Comtech.

Selain distributor, pembeli juga lebih memperhatikan deret kombinasi PIN yang terletak pada stiker yang sama dengan identitas pembuatan tertera.

PIN ada dibagian atas sedangkan keterangan pembuatan ada di deret terbawah. Namun pada pembeli yang lebih jeli beberapa lebih memilih untuk menukar BB dan mencari BB buatan Mexico, Taiwan atau Made In lain selain Malaysia.

"Hanya sedikit yang mengecek Made In Malaysianya. Beberapa pembeli memilih untuk mencari buatan selain Malaysia," tuturnya.

Ferry memprediksi, kedepannya BB buatan akan lebih banyak beredar ketimbang buatan pabrik dengan lokasi yang lebih jauh. Pertimbangan letak geografis yang lebih dekat dijadikan alasan kuat terkait peredaran BB Malaysia di Indonesia.
Namun pedagang ponsel lainnya, masih ragu dan belum berani berjualan BB Made In Malaysia secara terbuka. Seperti di Matos, mereka memilih menutup tulisan Made In Malaysia dengan selotip warna putih. Dikhawatirkan, pembeli tidak mau menerima buatan Malaysia.

Padahal pedagang ponsel tidak bisa menolak buatan Malaysia, karena barang itu langsung diberikan oleh distributor.

"Kami tidak bisa memilih, ini kedluduk (ceroboh) saja, tiba-tiba medapatkan yang Made In Malaysia. Daripada ramai mending saya tutup dengan selotip," ujar sang pedagang tanpa mau disebut namanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : malang post
  • Dipublikasikan : Lukman Hakim
  • onih

    indonesia harus lebih maju,,biarkan sjh,,yg,tidak,suka,,tapi,tetap,berkarya,,

x close
blackberry made in malaysia blackberry buatan malaysia blackberry malang bb made in malaysia jual blackberry malang bb buatan malaysia bb made in mexico jual bb malang harga bb di malang bb buatan mexico sega grosir handphone malang made in to bb blackberry made in sega handphone malang Hp buatan malaysia perbedaan bb buatan malaysia berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs