Kemacetan Pertigaan Kampus UB

Dewan Pertanyakan IMB Menara Soehat

Selasa, 13 September 2011 - 09:39 WIB • Dibaca 349 kali

Foto: malang post

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Komisi C DPRD Kota Malang mempertanyakan keluarnya izin mendirikan bangunan (IMB) apartemen Menara Soekarno Hatta (Soehatt) yang belum melengkapi dengan analisa mengenai dampak lingkungan lalu lintas (Amdal Lalin). Sesuai dengan Perda No. 7 tahun 2010, Andal Lalin sebagai prasyarat pengajuan IMB.

Baca Juga

Anggota Komisi C, Budiyanto Wijaya SH sedikit kaget dengan keberadaan Menara Soehatt yang belum mengantongi Amdal Lalin. Dari informasi sebelumnya, pengembang Menara Soehatt sudah melakukan Andal Lalin dengan melibatkan kalangan akademisi dari para ahli rekayasa lalu lintas yang ada di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

"Informasi yang kami dapatkan seperti itu. Kami tidak tahu lagi, kalau sampai saat ini Amdal Lalin belum dimiliki Menara Soehatt. Padahal, Andal Lalin sebagai prasyarat pengajuan IMB. Sedangkan, IMB Menara Soehatt sudah diterbitkan Pemkot Malang," kata Budiato kepada Malang Post, kemarin.

Karena belum memiliki Amdal Lalin, ketua Fraksi Gerakan Nurani Damai (GND) mendesak agar pengembang Menara Soehatt segera melengkapi dengan Amdal Lalin yang menjadi kewajiban pengembang. Apalagi, IMB sudah dikantongi pihak pengembang.
Amdal Lalin yang diajukan pengembang sangat dibutuhkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang untuk melakukan rekayasa lalu lintas di pintu masuk dan keluar apartemen. Mengingat Jalan Soekarno Hatta yang menjadi pintu masuk apartemen masuk dalam daerah padat kendaraan yang berpotensi kemancetan panjang.

Sesuai dengan Perda No. 7 tahun 2010 tentang Amdal Lalin, dokumem Amdal Lalin sekurang-kurangnya memuat antara lain, simulasi kinerja lalu lintas tanpa dan dengan adanya pengembangan, analisis bangkitan dan tarikan lalu lintas dan angkutan jalan, rekomendasi dan rencana implementasi penanganan dampak dan tanggung jawab pemerintah daerah dan pengembang/pengusaha dalam penanganan dampak.

"Jangan sampai apartemen itu sudah beroperasi Amdal Lalin belum juga ada. Saat ini saja masih dalam proses pembangunan kemacetan panjang masih sering terjadi di jalan depan apartemen Soehatt. Kalau tidak ada rekayasa lalu lintas yang baik, bukan tidak mungkin akan semakin menambah panjang kemacetan yang terjadi," ungkap ketua DPC PDS Kota Malang yang sudah kali kedua periode di DPRD Kota Malang itu.

Rencannya, ketua FGND itu akan mengajukan usulan di komisi untuk memanggil pengembang Menara Soehatt dan juga Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Malang yang mengeluarkan IMB menara Soehatt. Untuk mengetahui secara jelas mengapa Amdal Lalin belum terlpenuhi tapi IMB sudah keluar.

Sebelumnya, Komisi C pernah mengundang pengembang Menara Soehatt terkait sepadan sungai yang ada di lokasi pembangunan.
"Kami akan agendakan untuk memanggil pengembang Menara Soehatt untuk mengklarifikasi mengapa belum juga memiliki Amdal Lalin," terangnya.

Ditambahkannya, dengan kondisi kepadatan arus lalu lintas yang ada di Jalan Soekarno Hatta sangat tidak mungkin untuk menjadikan Jalan Soekarno Hatta sebagai pintu keluar masuk penghuni apartemen.

Dinas Perhubungan menghendaki agar pintu masuk dan keluar apartemen tidak melalui Jalan Soekarno Hatta, tapi melalui Jalan Bunga Kumis Kucing yang ada di belakang apartemen.

"Karena itu butuh manajemen rekayasa lalu lintas yang tepat di depan apartemen Menara Soehatt. Rekayasa itu akan ada dalam Amdal Lalin. Jangan sampai menambah persoalan baru kemacetan di jembatan Soekarno Hatta," tandasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
rekayasa lalu lintas dan imb berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs