Tiap Kecamatan Akan Punya PMK

Selasa, 13 September 2011 - 08:32 WIB • Dibaca 216 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Setiap musim kemarau tiba, petugas pemadam kebakaran (PMK) Kota Malang harus Siaga I. Karena wilayah yang luas, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Malang membentuk Satgas PMK di masing-masing wilayah.

Baca Juga

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Malang, Hadi Santoso menegaskan, biasanya masyarakat menghubungi PMK setelah api berkobar besar. Padahal, penanganan pertama kebakaran sangat berpengaruh pada pengendalian kebakaran yang terjadi agar tidak sampai meluas dan dapat dilokalisir.

"PMK selama ini hanya tersentral di Kota Malang. Untuk penanggulang kebakaran dengan cepat dan tepat perlu ada tim cepat yang dapat langsung bergerak dengan wilayah yang terjangkau pula," kata Hadi Santoso kepada Malang Post, kemarin.

DPU, ujar Soni, panggilan akrab Hadi Santoso, akan membentuk satgas di setiap kecamatan. Satgas dilengkapi peralatan pemadam kebakaran berukuran kecil dengan kendaraan sepeda motor. Meski demikian, alat yang disiapkan berupa tabung berkapasitas besar yang bisa dipakai pemadamkan api

"Mereka nanti yang pertama datang ke lokasi kebakaran untuk melakukan pengendalian. Sambil menunggu mobil PMK, satgas bias mengendalikan api terlebih dahulu," ungkapnya.

Sepeda motor sendiri adalah motor yang memiliki bak, sehingga bisa ditempati tabung pemadam. Pengadaan kendaraan dan alat pemadam kebakaran itu akan diajukan pada APBD 2012 mendatang.

"Nantinya kami memerlukan personil tambahan untuk petugas-petugas yang ada di kecamatan. Saat ini saja, personil yang ada di PMK masih kurang ideal. Sekarang ada 46 personil, kebutuhannya mencapai 70 orang personil," terangnya.

Akhir-akhir ini, intensitas kebakaran di musim kemarau cukup tinggi. Dalam satu hari, PMK pernah tiga kali melakukan pemadaman kebakaran di tiga lokasi yang berbeda. Setiap kejadian kebakaran, tidak semua mobil PMK dikerahkan. Minimal yang dikeluarkan dua mobil PMK. Jumlah itu bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan dilapangan. Dari tujuh mobil PMK yang ada akan disiagakan dua mobil PMK di markas untuk siaga jika terjadi kebakaran di saat yang sama.

"Intensitasnya cukup tinggi saat ini. Karena itu, PMK tetap siaga dalam menanggulangi PMK. Terbanyak penyebab kebakaran karena arus pendek dan kompor," terangnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam memasang instalasi listrik. Lebih baik dilakukan mereka yang ahlinya agar jaringan instalasi yang terpasang aman.

"Lebih baik mencegah daripada memadamkan. Untuk pengamanan instalasi listrik sudah ada Akli atau Aklindo sebagai konsultan yang memasang instalasi listriknya dengan aman," tambahnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs