Kompetisi Liga Profesional Terancam Molor

Selasa, 13 September 2011 - 08:12 WIB • Dibaca 47 kali

Kantor PSSI - Foto: antara

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Tanda-tanda bahwa sepakbola Indonesia bakal mendapat sanksi dari AFC (Asian Footbal Confederation) tampaknya semakin jelas. Setelah sebelumnya PSSI merumuskan kompetisi professional dengan format dua wilayah, kini muncul rencana untuk menunda gelaran kompetisi level tertinggi itu. Diawali dengan agenda rapat pleno Eksekutif Komite (Exco) PSSI yang rencananya digelar Senin (12/9) kemarin, ternyata diundur Jumat (16/9) mendatang.

Baca Juga

Menyusul diundurnya sidang Exco ini, kepastian format kompetisi sekaligus pembahasan jadwal kompetisi pun bakal molor. Menurut informasi, kompetisi akan diundur hingga bulan November, dari jadwal semula yang rencananya dimulai 8 Oktober nanti. Kecuali dalam kurun waktu tak sampai satu bulan ini, PSSI mampu menyiapkan format kompetisi dan menyusun jadwal kompetisi dengan baik.

Sementara rencana format kompetisi dua wilayah itu sendiri masih belum jelas, termasuk pembagian klubnya. Praktis, menunda kompetisi tampaknya menjadi pilihan terburuk PSSI, dengan resiko AFC yang telah memberi deadline kompetisi Indonesia hingga 14 Oktober bakal menjatuhkan sanksi pada Indonesia.

"Saya masih diluar Jakarta, saya tidak tahu kalau kompetisi ditunda," ungkap Bob Hippy, salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI saat dikonfirmasi Malang Post perihal kebenaran adanya kabar bahwa Exco PSSI telah memutuskan jadwal kompetisi musim depan molor hingga November.

"Tapi dalam hal ini Exco sebenarnya tidak bisa memutuskan. Itu semestinya usul dari AFC dan FIFA. Jadi bukan kita yang memutuskan, melainkan FiFA dan AFC yang memutuskan. Kita disini hanya melengkapi semua persyaratan kompetisi sesuai ketentuan mereka," jelas Hippy kemarin sore.

Menurutnya, selama ini PSSI hanya memberi laporan kepada FIFA dan AFC. Termasuk saat perwakilan AFC datang ke Indonesia beberapa waktu lalu, PSSI telah memberi laporan perihal kondisi sepakbola Indonesia. Menurutnya kondisi sepakbola Indonesia saat ini merupakan dampak buruk pengurus PSSI sebelumnya.

"Jadi kondisi saat ini merupakan hasil dari pengurus lama, dan sekarang kita yang terkena getahnya. Kita seperti diberi bom waktu, karena ini merupakan kesalahan pengurus lama yang santai-santai saja, tidak mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah, Red) mereka," sebut Hippy memberi sinyal kompetisi memang akan ditunda.

"FIFA dan AFC pun memahani dalam waktu tiga bulan ini, tidak mungkin kita bisa memenuhi semua kelengkapan kompetisi profesional itu. Jadi ada kelonggaran dari AFC," sambung pria yang juga Ketua Komite Bidang Tim Nasional ini memastikan rapat pleno Exco PSSI digelar Jumat (16/9).

Sampai kapan kelonggaran atau penundaan itu diberikan oleh AFC selaku otoritas sepakbola Asia? "Saya tidak tahu sampai kapan, kita tunggu saja, karena saya ini juga masih di luar kota," jawab Hippy belum bisa mamastikan rencana penundaan kompetisi dipastikan bakal mengundang sanksi AFC itu.

Sementara, secara terpisah Sihar Sitorus selaku Ketua Bidang Kompetisi PSSI juga mengaku tidak tahu menahu perihal kabar penundaan kompetisi tersebut. Setidaknya hingga kemarin, PSSI memang belum ada rencana untuk menunda kompetisi yang akan dimulai 8 Oktober itu.

"Itu info darimana ya? Siapa yang bilang? Sampai sekarang kita tidak ada rencana untuk melakukan penundaan kompetisi, karena tidak ada faktor-faktor yang membuat kita untuk menunda kompetisi. Patokan kita, kompetisi tetap akan digelar 8 Oktober, lalu jadwal regristrasi ulang oleh PT Liga Prima Indonesia mulai 20 September," jelasnya.

Sedangkan terkait dengan kondisi internal Arema yang belum ada solusi untuk proses rekonsiliasi, menurut Sihar masih akan ditunggu hingga 20 September nanti. Itu sebelum rapat Exco PSSI bakal memutuskan status maupun pihak yang bakal disahkan untuk mengelola Arema.

"Untuk persoalan Arema, sampai sekarang belum ada update dari Malang. Kebetulan saya baru datang dari luar negeri, tapi yang penting sebelum tanggal 20 September, saya harap sudah ada keputusan. Mereka datang dengan membawa solusi, atau dari rapat exco akan menyatakan lain, kita tunggu saja," yakin Sihar.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs