Kekeringan Ancam Sektor Pertanian

Senin, 12 September 2011 - 18:29 WIB • Dibaca 190 kali

ILUSTRASI - Foto: kompas

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Antisipasi Pemerintah Kabupaten Malang untuk mengatasi sulitnya air akibat kemarau panjang tahun ini dengan menyuplai 5 tangki air per harinya, mungkin bisa mengobati dahaga warganya. Namun, ancaman lain tentang krisis air bersih di tempat ini akibat kekeringan, berdampak serius pada sektor pertanian.

Baca Juga

Daerah-daerah sulit air saat kemarau seperti ini, berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Kalipare, Bantur dan juga Pagak. Seluruh kecamatan itu, berada pada sisi Malang bagian Selatan. Badan Atom Nuklir Nasional yang sempat melakukan pengeboran di sejumlah titik dengan radius 200 meter dibawah tanah pun, tak juga membuahkan hasil.

Sampai detik ini, sumur-sumur warga kering kerontang. Kalaupun ada airnya, warnanya pun sangat keruh. Untuk kebutuhan mandi, cuci baju hingga memasak, warga mengandalkan sisa-sisa air bersih dari sumber-sumber mata air dibawah bebatuan perut bumi. Banyaknya warga yang menggunakan konsumsi air sumber, antrian pagi dan sore hari pun menjadi pemandangan biasa yang sudah bertahun-tahun terjadi.

“Pemkab sudah menyiapkan 5 unit mobil tangki air dari PDAM. Tiap hari, mobil tangki air akan ditempatkan pada titik-titik pembagian air di kawasan Malang Selatn,” ungkap M Hidayat, Humas Pemkab Malang, Senin (12/9/2011).

Dijelaskan dia, melihat sejumlah daerah mulai dilanda kekeringan air, pihaknya berharap beberapa daerah atau kecamatan yang lain tidak mengalami hal serupa. Hal itu bertujuan agar kekeringan tidak berimbas pada sektor pertanian. Khususnya hasil pertanian di sawah macam tanaman padi. “Kami berharap harga beras tetap stabil dan tidak naik. Pasalnya, kekeringan bisa saja berimbas pada tanaman padi. Mengingat aliran air pada sungai-sungai yang menyusut,” katanya.

Terpisah, Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Samsul Hadi pada mengaku jika daerah-daerah Malang Selatan yang mengalami kekeringan adalah kantong-kantong penghasil tanaman padi. Jika air sulit, rentan terhadap hasil panen. “Kalau suplai air tidak mencukupi jelas akan berimbas pada hasil panen. Jangan sampai kekeringan mengakibatkan ancaman gagal panen. Pemerintah harus tanggap akan hal ini,” paparnya serius.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs