Kondisi SDN Sumberkerto I Memprihatinkan

Senin, 12 September 2011 - 15:57 WIB • Dibaca 302 kali

Foto: beritajatim.com

PAGAK, MALANGRAYA.info – Data statistik menyebutkan, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumberkerto I, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang masuk kategori sekolah terpencil dengan nomer statistik 10/05/826011. Akreditasi sekolah masih golongan B. Lokasinya, berada di daerah pedesaan. Akan tetapi, sekolah ini sudah tercatat berdiri dan diakui keberadaannya sejak tahun 1966.

Baca Juga

Jarak sekolah dari pusat Kecamatan sejauh 10 kilometer lebih. Sedang jarak sekolah dari pusat pemerintahan otonomi daerah (Otoda) Pemerintah Kabupaten Malang sejauh 60 kilometer. Entah karena statusnya yang berada di pedesaan dan masuk sekolah terpencil, membuat SDN Sumberkerto I luput dari perhatian pemerintah setempat.

Sekolah ini hanya punya empat ruang kelas saja. Tiga ruang untuk proses belajar mengajar. Selebihnya, digunakan guru kelas dan kepala sekolah plus campur aduk sebagai kantor administrasinya. Tidak ada kamar mandi atau toilet. Jangan harap ada laboratorium kecil-kecilan ataupun ruang UKS serta kantin laiknya sekolah pada umumnya.

Dan yang mendesak diperlukan sekolah ini adalah, tambahan ruang kelas secepatnya. “Kita butuh tambahan tiga ruang kelas. Satu untuk ruang guru. Dua ruang untuk siswa. Kalau tidak, ya murid-murid terus belajar di rumah warga,” ungkap Andi Sukensi, Kepala Sekolah SDN Sumberkerto I, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang.

Menurut Andi, sudah empat tahun siswa belajar di rumah warga. Sampai pertengahan tahun ini, pihaknya sudah dua kali mengajukan anggaran pada Dinas Pendidikan untuk mendapatkan dana. Namun, sampai hari ini masih belum ada kepastian apakah anggaran itu bisa didapat sekolahnya.

“Proposal ini sudah kita buat. Bahkan sejak tahun 2005 lalu saat kepindahan bangunan sekolah dari yang lama ketempat baru sudah dibuat,” paparnya,

Kata Andi kembali, dulunya SDN Sumberkerto I berlokasi di samping SDN Sumberkerto II. Karena asal usul tanah sekolah dipermasalahkan, membuat sekolah harus terusir. Lebih dari itu, lingkungan sekolah yang tak mendukung, membuat aktivitas sekolah dihentikan dan pindah tempat sejak tahun 2006 lalu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
asal usul kecamatan pagak berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs