Malang Selatan Alami Krisis Air Bersih

Senin, 12 September 2011 - 13:25 WIB • Dibaca 174 kali

ILUSTRASI - Foto: kompas

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Empat kecamatan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dilanda krisis air bersih. Masalah tersebut hingga kini belum bisa diatasi oleh pemerintah setempat. Keempat kecamatan itu berada di wilayah Kabupaten Malang Selatan, yakni Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Pagak, Gedangan, dan Kecamatan Kalipare.

Baca Juga

Menurut Bupati Malang Rendra Kresna, setiap tahun daerah tersebut memang selalu dilanda krisi air bersih ketika musim kemarau. Sebab, selain minimnya mata air, upaya melakukan pengeboran juga sulit dilakukan. “Kendalanya karena dengan dalaman sekitar 200 meter belum bisa mengeluarkan air kalau dilakukan pengeboran,” katanya, Minggu (11/9/2011), dihubungi via telepon.

Meski demikian, pihaknya tetap akan berusaha melakukan pengeboran di kawasan tersebut. Harapannya agar bisa memasok kebutuhan air bersih ketika musim kemarau tiba.

Untuk menangani kekeringan di daerahnya, Pemerintah Kabupaten Malang telah menyiapkan lima unit mobil tangki PDAM untuk memasok air bersih ke titik-titik yang mengalami krisis air bersih. “Selain itu, juga disiapkan mobil pemadam kebakaran untuk memasok air guna mengairi sawah milik warga,” katanya.

Untuk Malang bagian barat, utara, dan timur, masih banyak tersedia mata air. Karena itu, saat musim kemarau tidak mengalami kekeringan. Dengan kekeringan yang melanda wilayah Malang bagian selatan itu, tidak hanya berdampak pada masyarakat, tetapi juga mengancam produksi pertanian.

Menurut Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Malang Adro’i, pihaknya sudah menyiapkan tiga unit mobil tangki yang disiapkan untuk menyalurkan pasokan air ke empat kecamatan. “Namun, saat ini masih dalam proses pengajuan,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : kompas
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs