Perubahan Suhu Berpotensi Puting Beliung

Senin, 12 September 2011 - 09:37 WIB • Dibaca 233 kali

ILUSTRASI - Foto: okezone.com

KARANGPLOSO, MALANGRAYA.info – Perubahan suhu dan tekanan secara tiba-tiba berpotensi mendatangkan angin kencang dan puting beliung di wilayah Kabupaten Malang. Kondisi itu bisa terjadi memasuki musim penghujan bulan Oktober mendatang. Tanda-tanda masuk musim penghujan sudah mulai tampak dengan kemunculan awan dan gerimis.

Baca Juga

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi Karangploso Amat Subekti, S.si, meski hujan sudah turun, namun saat ini belum masuk musim penghujan. Sebab, pengertian penghujan sesuai tanda-tanda Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika bila curah hujan diatas 50 mm per 10 hari diikuti 10 hari berikutnya.

“Memang sudah ada tanda-tanda penghujan, namun ini belum masuk musimnya, sesuai prediksi penghujan baru terjadi akhir Oktober," ujar Amat Subekti kepada Malang Post, kemarin.

Dia menambahkan, tanda-tanda penghujan lainnya adalah adanya banyak angin dan petir. Nanti angin akan bertiup tak menentu, namun potensi puting beliung tak bisa diprediksi. Angin seperti itu bisa terjadi di sembarang tempat bila ada perubahan suhu secara cepat.

“Angin seperti itu (puting beliung) terjadi bila ada perubahan suhu secara cepat, tekanan tinggi ke daerah rendah, dari suhu panas, tiba-tiba dingin," paparnya.

Sesuai analisa BMKG Stasiun Klimatologi Karangploso, kata Subekti, selama bulan September ini di Malang curah hujan masih rendah. Kawasan dengan curah hujan tinggi diprediksi terjadi di Kecamatan Bantur sampai dengan Sumbermanjing Wetan. Kecamatan Bantur masuk kawasan merah muda maksimal curah hujan 50 mm, sedangkan Sumawe, Tirtoyudo dan Gedangan masuk kawasan kuning diatas 50 mm.

Sedangkan pada bulan Oktober, kawasan itu biasanya juga mengalami peningkatan curah hujan. Malah di Kecamatan Sumbermanjing dan Tirtoyudo masuk kawasan hijau tua dengan curah hujan mulai 301 sampai dengan 400 mm. Sedangkan kawasan lingkar Kota Malang hingga Poncokusumo prakiraannya maksimal hanya 50 mm.

Sebelumnya, prediksi BMKG Stasiun Klimatologi Karangploso bahwa Lebaran cuaca akan cerah terbukti benar. Saat itu BMKG juga meminta agar warga yang bermukim di pinggir hutan harus waspada dengan kebakaran hutan. Ternyata kebakaran hutan terjadi di Gunung Kawi dan areal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs