Kemacetan Pertigaan Kampus UB

Apartemen Soehat Belum Miliki Andal Lalin

Senin, 12 September 2011 - 08:29 WIB • Dibaca 829 kali

Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Rekayasa lalu lintas di perempatan Universitas Brawijaya dengan Jalan Soekarno Hatta tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan apartemen Menara Soekarno Hatta. Hingga kini, proyek apartemen yang tengah dalam pembangunan itu belum juga menyerahkan analisa dampak lalu lintas (Andal Lalin) kepada Pemkot Malang.

Baca Juga

Meski sudah mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB), apartemen yang berada dekat jembatan Jalan Soekarno Hatta itu belum mengantongi Andal Lalin. Sesuai dengan UU. No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Perda No. 7 tahun 2010 tentang Analisa Dampak Lalu Lintas, keberadaan bangunan yang difungsikan sebagai apartemen wajib memiliki Andal Lalin.

“Sampai saat ini, kami belum menerima Andal Lalin dari pengelola apartemen Menara Soehatt. Andal Lalin itu wajib dimiliki untuk pengaturan arus lalu lintas di kawasan Jalan Soekarno Hatta yang saat ini sudah sangat padat," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, H.M. Yusuf kepada Malang Post, kemarin.

Dalam Perda No. 7 tahun 2010, Andal Lalin menjadi prasyarat bagi pengajuan permohonan IMB. Jika belum ada Andal Lalin, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Malang tidak bisa mengeluarkan IMB. Tapi, meski belum memiliki Andal Lalin, Menara Soehatt sudah mengantongi IMB.

IMB yang dikantongi Menara Soehatt lebih dulu daripada Perda No. 7 tahun 2010 yang ditetapkan pada November 2010 lalu. Dalam ketentuan peralihan Perda No. 7 tahun 2010 disebutkan, setiap pengembang/pengusaha pusat kegiatan dan/atau permukiman yang berpotensi menimbulkan dampak lalu lintas sebelum berlakunya Peraturan Daerah ini sudah mendapatkan IMB dan sedang melaksanakan pembangunan harus membuat dan mendapatkan persetujuan dokumen Andal Lalin.

“Andal Lalin itu harus mendapatkan persetujuan dari wali kota, sebelumnya akan dilakukan penilaian terlebih dahulu oleh kami, bagaimana Andal Lalin itu disusun. Jangan sampai Andal Lalin yang disusun akan semakin memperparah kemacetan arus Lalin di Jalan Soekarno Hatta," ungkap mantan Humas Pemkot Malang itu.

Dijelaskannya, jika melihat kondisi Jalan Soekarno Hatta saat ini, rekayasa Lalin di depan pintu masuk Menara Soehatt harus benar-benar dikaji dengan baik. Mantan Sekretaris KPU Kota Malang itu menilai, pintu masuk dan keluar Menara Soehatt sulit untuk ditempatkan di Jalan Soekarno Hatta. Idealnya, pintu masuk dan keluar tidak ditempatkan di Jalan Soekarno Hatta, tapi bisa melalui Jalan Bunga Kumis Kucing atau sekitarnya.

“Kalau pintu masuk dan keluar di tempatkan di Jalan Soekarno Hatta akan semakin menjadi penyumbang kemacetan di Jalan Soekarno Hatta. Pintu masuk dan keluarnya bisa melalui Jalan Bunga Kumis Kucing atau sekitarnya," terangnya.

Rencananya, pintu masuk Menara Soehatt akan melalui Jalan Soekarno Hatta dan pintu keluarnya melalui Jalan Bunga Kumis Kucing. Pengembang Menara Soehatt sudah membebaskan lahan yang akan dijadikan pintu keluar kendaraan dari dalam Menara Soehatt.

“Jika pintu masuknya dari Jalan Soekarno Hatta tetap akan ada barisan kendaraan yang akan masuk ke Menara Soehatt. Akibatnya akan menjadi penyumbang kemacetan pula," tambahnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
apartemen soekarno hatta malang menara soekarno hatta malang apartemen soehat apartemen sukarno hatta malang juli 2012 berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs