Akses Jalan Menuju Bromo Normal Kembali

Jumat, 9 September 2011 - 19:28 WIB • Dibaca 393 kali

ILUSTRASI - Kawah Gunung Bromo. Foto: antara

PAKIS, MALANGRAYA.info – Akses jalur menuju kawasan wisata Gunung Bromo (2392 mdpl) yang beberapa waktu lalu putus akibat badan jalan rusak, saat ini kembali normal dan bisa dilalui.

Baca Juga

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sutrisno di Malang, Jumat mengakui, akses menuju Bromo yang sebelumnya rusak adalah di ruas jalan antara Dingklik dan Laut Pasir, atau tepatnya di kawasan Pakis Bincil, Wonokitri, Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, yang tanahnya rusak akibat tergerus hujan.

“Saat ini, kawasan yang sebelumnya rusak dan putus itu sudah tembus dan bisa dilalui dengan baik, karena kawasan itu menjadi perhatian serius bagi kami dan Pemerintah Kabupaten, Pasuruan,” ucapnya.

Meski demikan, Sutrisno mengharapkan bagi para wisatawan yang akan melalui kawasan itu tetap bisa berhati-hati.

Sebab, perbaikan jalan yang telah dilakukan, belum disertai dengan pembangunan irigasi air, sehingga sewaktu-waktu bisa rusak dan putus kembali akibat tergerus air hujan.

Sutrisno menyebutkan kawasan Pakis Bincil, yakni antara Dingklik dan Laut Pasir adalah kawasan zona tradisional, sehingga pembangunan jalan belum bisa dilakukan secara permanen.

“Akibatnya, para wisatawan yang melalui kawasan itu harus tetap berhati-hati, hal ini sebagai antisipasi apabila hujan mengguyur kawasan itu,” paparnya.

Sementara itu, akibat putusnya akses menuju Bromo beberapa waktu lalu, membuat wisatawan yang melewati Pasuruan tidak bisa masuk ke Laut Pasir (kaldera).

Selain itu, wisatawan yang ke Gunung Bromo melalui kawasan Probolinggo, juga tidak bisa ke Puncak Penanjakan di Wonokitri, Pasuruan yang merupakan lokasi strategis melihat kawasan wisata yang menjadi ikon pelancongan Jatim tersebut.

Hal ini membuat wisatawan merugi karena tidak bisa menyaksikan panorama dari berbagai tempat strategis.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
jalan ke bromo dari malang jalan menuju bromo akses ke bromo akses menuju bromo cara menuju bromo dari malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs