Krisis Air Bersih, Camat Ikut Antri Air

Jumat, 9 September 2011 - 19:08 WIB • Dibaca 280 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

GEDANGAN, MALANGRAYA.info – Musim kemarau panjang di Kabupaten Malang mulai membuat sejumlah tempat dikawasan ini kekurangan air bersih. Sejak Idul Fitri lalu bahkan, sejumlah kantor instansi pemerintah setempat nyaris kekurangan air bersih.

Baca Juga

Hal itu dirasakan kantor Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Ditempat ini, air bersih sangat berarti. Saat lebaran kemarin, air bersih yang ada di kamar mandi nyaris kosong. “Kami harus antri air bersih bersama warga. Kalau nggak, kita bisa kesulitan air,” terang Camat Gedangan, Heri Krispiyanto, Jumat (9/9/2011).

Menurut dia, satu hari jelang lebaran kemarin pihaknya harus mengambil air sendiri untuk kebutuhan air bersih di kamar mandi. Tak hanya di kantor, rumah dinas untuknya yang berada tidak jauh dari lokasi kecamatan juga tidak meneteskan air dari kran-kran yang sudah terpasang.

Alhasil, pihaknya harus rela mengangkut air bersih menggunakan motor dan berbaur dengan warga setempat. “Cukup untuk memasak air dan stok di kamar mandi, kami terpaksa mengambil air di beberapa sumber,” paparnya.

Terpisah, Kepala Desa Gedangan, Lianah mengaku jika kesulitan air bersih di desanya akibat tidak ada lahan untuk sumber air. Sejauh ini, warga hanya mengandalkan air bersih dari sumur-sumur serapan. Selebihnya, mencari air bersih disungai-sungai.

Karena debit air terus menurun, aktivitas warga cukup terganggung akibat tidak adanya ketersediaan air bersih yang mencukupi. “Ada lahan yang cukup bagus untuk sumber air. Namun, kita butuh biaya besar untuk membebaskan lahan tersebut.

Dijelaskan dia pula, proyek sarana air bersih dari Riset Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) sempat melakukan pengeboran pada tahun 2009 lalu hingga kedalaman 180 meter. Yang terjadi justru, sumber mata air tak kuncung mengalir dan terkesan sia-sia.

Sekedar diketahui, Kecamatan Gedangan berada di pesisir Malang bagian Selatan. Daerah ini termasuk dataran tinggi. Kekeringan atau kurangnya air bersih sudah bukan barang baru lagi ditempat ini.

Tak hanya kantor camat, Kantor Polisi dan sejumlah tempat instansi lain di wilayah ini cukup kesulitan air jika musim kemarau. Hal itu sudah terjadi sejak bertahun-tahun lamannya. Bagi warga desa setempat bahkan, air dari sumur tak kunjung mengalir berbulan-bulan lamannya seperti hal biasa.

Sehingga, warga terpaksa berbondong-bondong mencari sungai kecil dan sumber-sumber mata air dibalik bebataun. Air-air keruh itulah yang digunakan warga untuk mandi, mencuci dan memasak air sejak dulu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
antri air berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs