Penerapan E-KTP Kota Malang

Penerapan E-KTP Masih Terhambat Peralatan

Jumat, 9 September 2011 - 09:38 WIB • Dibaca 142 kali

ILUSTRASI - Gambar: tribunnews

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Penerapan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) di Kota Malang hingga saat ini masih terhambat peralatan yang belum datang dari pemerintah pusat.

Baca Juga

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang Rahman Nurmala, Jumat mengakui, dari 10 peralatan yang dibutuhkan, baru lima unit yang sudah dikirim dan saat ini sudah didistribusikan ke masing-masing kecamatan.

“Pengiriman peralatan itu pun setelah Lebaran, sehingga belum bisa dioperasionalkan (digunakan) karena harus ‘di-setting’ dulu,” tegas mantan Kabag Organisasi Pemkot Malang tersebut.

Karena peralatannya belum dikirim semua, katanya, maka setiap kecamatan hanya mendapatkan jatah satu alat, namun masih belum difungsikan.

Satu paket peralatan yang sudah dikirim ke masing-masing kecamatan itu di antaranya adalah “scanning” sidik jari, printer dan pas foto serta printer. Sedangkan peralatan pelengkap lainnya belum dikirimkan.

Menurut Rahman, peralatan yang didatangkan dari Amerika Serikat itu mengalami keterlambatan pengiriman, sehingga di daerah pun juga terlambat. Akibatnya, program E-KTP yang penerapannya dijadwalkan awal Agustus lalu itu mengalami penundaan hingga beberapa kali.

Bahkan, lanjutnya, sampai saat ini pun program E-KTP masih belum bisa dilaksanakan karena peralatannya belum lengkap.

Dampak lain dari keterlambatan pengiriman peralatan tersebut, tegasnya, proses bimbingan teknis bagi 100 operator yang akan menangani pembuatan E-KTP juga mundur.”Yang sekarang sudah selesai tahapannya hanya pemasangan jaringannya saja,” ujar Rahman.

Biaya operasional untuk menuntaskan E-KTP bagi 677 ribu jiwa di daerah itu, Dispendukcapil setempat mengajukan anggaran sebesar Rp1,7 miliar dari total kebutuhan yang mencapai Rp1,9 miliar melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2011.

Saat ini dana untuk biaya operasional penerapan program E-KTP yang dianggarkan dalam APBD 2011 hanya Rp185 juta, sehingga ada kekurangan sekitar Rp1,7 miliar. Namun, sampai saat ini belum ada kepastian persetujuan dari dewan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs