Pasar Tumpang Segera Direlokasi

Jumat, 9 September 2011 - 08:38 WIB • Dibaca 233 kali

Foto: malang post

TUMPANG, MALANGRAYA.info – Rencana pengembangan Pasar Tumpang, yang bakal diawali dengan penampungan Pedagang Kaki Lima (PKL) di lahan eks Kawedanan Tumpang, kembali menuai respon positif. Adalah dari Tokoh Pemuda Organisasi Tumpang, Anton Mujipengestu, yang menilai rencana langkah pengembangan itu bakal sangat bagus dan mendapat dukungan masyarakat guna kemajuan serta penataan Kecamatan Tumpang.

Baca Juga

“Langkah itu sangat bagus. Karenanya sebagai tokoh pemuda, kami sangat mendukung mengenai rencana atau wacana tersebut," katanya kepada Malang Post.

Ditambahkan, idealnya untuk Pasar Tumpang sebenarnya sudah harus direlokasi. Mengingat, tingginya pedagang yang memanfaatkan areal pasar. Hanya saja, karena butuh anggaran yang sangat besar, cukup dengan pengembangan atau perbaikan.

“Kalau relokasi, pasti butuh lahan dan pembangunan dari awal. Tentunya, itu butuh biaya besar. Karenanya, pengembangan atau pun perbaikan sudah sangat bagus," ungkap Anton.

Untuk pengoptimalisasi pasar terangnya, tentu beberapa hal harus bisa dijadikan catatan atau pun masukkan. Karena bagaimana pun, jika hanya dilakukan pengembangan tanpa ada perubahan, pastinya akan tetap terkesan kumuh. Contoh yang bisa diambil, yakni penempatan PKL di Kota Batu atau persisnya belakang GOR Ganesha.

“Kalau di Batu bisa dilakukan, pastinya di Kecamatan Tumpang juga bisa," ujarnya.

Selain penempatan PKL yang tetap harus bisa ditampung di pasar, areal sekitar pasar juga harus kembali kepada fungsinya. Sebagai contoh, areal sub terminal di depan pasar, bisa dilakukan penataan kembali. Bagaimana caranya, tentu bisa koordinasi dengan semua pihak. Termasuk, mereka yang selama ini memanfaatkan areal itu. Karena Tumpang sebagai pintu gerbang ke Wisata Bromo, perlu ada pemusatan kendaraan.

“Sebenarnya tidak hanya sub terminal, taman di sekitar pasar tentu akan kian indah jika itu difungsikan kembali. Yang terpenting, pedagang ber-SK tetap mendapat perhatian utama selain PKL. Begitu juga, fungsi keindahan lainnya di sekitar pasar," ungkap pria yang juga sebagai anggota pemerhati di Gerdu Malang Timur.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs