Petugas Tangkap Pencuri Tanaman Obat

Kamis, 8 September 2011 - 15:52 WIB • Dibaca 162 kali

Foto: antara

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Aparat gabungan dari Tanam Nasional Bromo Tengger Semeru(TNBTS) dan Polres Malang, Jawa Timur, menangkap pelaku pencurian tanaman obat di wilayah setempat.

Baca Juga

Kepala Balai Besar TNBTS, Ir Sutrisno, Kamis mengatakan, penangkapan pelaku pencurian itu merupakan yang terbesar di tahun 2011 dengan brang bukti 1 buah truk, 17 karung tanaman obat jenis Rasuk Angin (Usnea Barbata) dan 5 karung tanaman obat jenis Sempretan (Mikania Cordata).

Pelaku pencurian adalah tersangka Harry S yang juga sopir dan pemilik truk dengan nomor polisi N 8495 serta Prawito yang juga pemilik barang bukti tanaman obat.

Lokasi pencurian di hutan Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang yang merupakan Resort Coban Trisula, dan pelaku berhasil ditangkap di Jalan Singosari Malang pada 26 Agustus 2011 pukul 04.00 WIB.

“Saat ini pelaku sudah diamankan di Markas Polres Malang, Kepanjen, dan barang buktinya juga diamankan disana,” kata Sutrisno.

Sementara motif dari pencurian tanaman obat karena harganya yang tinggi serta akan diekspor ke sejumlah negara.

“Pelaku kami tangkap karena tidak memiliki dokumen resmi yang berasal dari TNBTS, dan terkena tindak pidana kehutanan berupa mengangkut tanaman obat tanpa dokumen yang sah,” katanya.

Sutrisno mengaku, tanaman obat yang berada di kawasan TNBTS jenis Rasuk Angin dan Sempretan sangat mahal harganya, yakni perkilonya mencapai Rp50 ribu, sedangkan total kerugian akibat pencurian ini diperkirakan mencapai sekitar Rp50 juta.

Sutrisno menjelaskan, rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai tanaman obat di wilayah TNBTS membuat pencurian ini sering dilakukan pelaku, sehingga ketika ditangkap pelaku mengaku telah melakukan berkali-kali.

“Pelaku membohongi warga sekitar TNBTS untuk mengakut dan mencari tanaman obat itu, padahal tanaman itu mahal harganya,” ujarnya.

Untuk itu, dengan tertangkapnya pelaku, diharapkan pengetahuan warga di sekitar TNBTS bisa bertambah, dan bisa melindungi keanekaragamana hayati yang ada di wilayah TNBTS.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Joni Wijaya
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs