72 CJH Kota Malang Terancam Batal

Kamis, 8 September 2011 - 08:23 WIB • Dibaca 238 kali

ILUSTRASI - Calon Jamaah Haji lakukan manasik haji. Foto: antara

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Sebanyak 72 calon jamaah haji (CJH) Kota Malang terancam tidak dapat berangkat haji tahun ini. Hingga batas akhir pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) Selasa (6/9) kemarin, dari 1.261 CJH yang mendapatkan porsi tahun ini, baru 1.189 CJH yang sudah melakukan pelunasan di bank setor BPIH.

Baca Juga

Kasubag TU Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Malang, H. Sapardi menjelaskan, 72 orang CJH yang belum melunasi BPIH belum dapat dipastikan apakah mereka akan gagal berangkat tahun ini atau tidak. Ada beberapa alasan mengapa belum juga melakukan pelunasan antara lain, karena sakit atau ada uzur, ada keinginan mundur tahun depan atau juga karena masuk waiting list karena pernah melaksanakan haji sebelumnya.

"Ke 72 orang CJH itu belum diketahui apakah mereka benar-benar mundur atau tidak. Kepastian itu akan diketahui setelah tanggal 9 besok," kata Sapardi kepada Malang Post, kemarin.

Dijelaskannya, khusus CJH yang masuk waiting list karena pernah melaksanakan ibadah haji sebelumnya baru bisa melakukan pelunasan BPIH mulai 6 September kemarin sampai 9 September besok. Mereka diberikan kesempatan selama empat hari untuk melakukan pelunasan BPIH agar bisa berangkat tahun ini juga. BPIH tahun ini telah ditetapkan pemerintah sebesar USD 3.612.

Jika sampai pelunasan terakhir pada 9 September besok, masih ada CJH yang tidak melakukan pelunasan secara otomatis tidak dapat berangkat tahun ini, dan akan mundur pada tahun depan.

"Kami belum mengetahui berapa jumlah CJH yang masuk waiting list karena sudah berhaji. Jumlah itu akan diketahui setelah tanggal sembilan," terangnya.

Kalau sampai ada CJH yang tidak melunasi BPIH, ditambahkannya tidak secara otomatis daftar urut dibawahnya langsung bisa naik. Porsi CJH yang tidak melunasi BPIH akan diserahkan pada kuota nasional. Kuota akan dikumpulkan secara nasional dan baru akan dibagikan kembali ke masing-masing provinsi.

"Waktunya sangat mepet sekali dengan waktu pemberangkatan. Kemungkinan besar, kuota nasional akan sampai di provinsi saja. Karena di daerah waktunya sudah sangat terbatas," tambahnya.

Untuk CJH Kota Malang yang akan berangkat haji tahun ini, CJH Malang raya masuk pada gelombang kedua yang akan langsung menuju Mekkah Al Mukaromah. Rencananya, keberangkatan CJH pada minggu ketiga bulan Oktober.

"Semua paspor CJH sudah selesai dan sudah masuk tahapan visa di kedutaan. Mudah-mudahan semuanya dapat berjalan dengan lancar," jelas mantan Kasie Haji dan Umroh Kemenag Kota Malang itu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs