Sampah Plastik Jadi Sumber Dana Pasukan Kuning

Rabu, 7 September 2011 - 12:23 WIB • Dibaca 934 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Limbah sampah plastik di Tempat Pembuangan Akhir Supiturang Kota Malang, Jawa Timur, menjadi andalan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk mendanai bantuan bagi pasukan kuning daerah itu yang masuk kategori keluarga miskin.

Baca Juga

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto, Rabu, mengakui, jika program bank sampah sudah berjalan dan pengolahan limbah sampah plastik juga lancar, hasilnya nanti untuk membantu anggota kader lingkungan dan pasukan kuning (paskun) yang tidak mampu.

“Untuk pengolahan limbah sampah plastik ini DKP akan mengajukan anggaran pengadaan mesin pengolah biji plastik ke Pemprov Jatim dan pemerintah pusat,” katanya.

Mantan Kabag Hukum Pemkot Malang itu, pengajuan anggaran pengadaan mesin pegolah biji plastik ini sedang dalam pembahasan akhir, sehingga dalam waktu dekat ini bisa segera dikirimkan ke Pemprov maupun pusat.

Menurut Wasto, mesin pengolah biji plastik yang diajukan DKP setempat ke Pemprov Jatim mauupun pemerintah pusat itu nanti yang mampu menampung limbah sampah plastik dengan jumlah sebanyak-banyaknya.

Sebanyak apapun sampah plastik yang dikumpulkan di bank sampah, katanya, pasti akan terangkut dalam mesin pengolah, karena kapasitasnya cukup besar.

“Limbah sampah plastik tersebut memiliki nilai jual dan nilai ekonomis yang cukup tinggi untuk diolah kembali menjadi berbadai produk berbahan plastik, sehingga pengolahannya (daur ulang) harus dilakukan secara maksimal,” tegasnya.

Ia mengakui, volume limbah sampah domestik (rumah tangga) yang mencapai 400 ton per hari itu sekitar 17,5 persennya adalah sampah plastik. Kalau tidak diolah tersendiri dengan menggunakan mesin, maka sampah plastik tersebut membutuhkan waktu sangat lama untuk bisa terurai.

“Kalau menggunakan mesih pengolah, selain mempercepat pembersihan sampah plastik, juga memiliki nilai ekonomis tinggi, sehingga hasil penjualannya nanti bisa diputar untuk membantu paskun dan kader lingkungan yang kurang mampu serta kebutuhan operasional lainnya,” ujarnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
pengolahan limbah sampah berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs