Kunjungan Wisatawan Capai 50 Ribu Per Hari

Selasa, 6 September 2011 - 07:53 WIB • Dibaca 887 kali

Alun-alun Kota Batu - Foto: malang post

BATU, MALANGRAYA.info – Jumlah kendaraan yang datang ke Kota Batu selama libur lebaran kali ini, meningkat lima persen dibanding lebaran sebelumnya. Meski hanya lima persen, namun peningkatan tersebut makin membuat jalanan kota ini kian padat.

Baca Juga

Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Batu, ikut melakukan survey untuk mengetahui kendaraan yang masuk selama libur lebaran ini. Hal itu untuk mengetahui jumlah peningkatan, sekaligus sebagai salah atu acuan mengetahui kenaikan jumlah wisatawan.

"Itu adalah hasil sementara, karena kami belum bisa mengolah secara utuh. Untuk angka pasti, kami baru bisa mengeluarkan setelah kondisi arus kembali normal," tegas Hidayat Murtadlo, Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika.

Dari data tahun lalu, jumlah kendaraan yang masuk sangat tinggi. Untuk roda dua, sebanyak 17.769 unit. Sedangkan mobil 11.744 unit, dan bus 144 unit per hari. Dan tahun ini, peningkatannya lima persen dari angkat tahun lalu itu.

Jika diasumsikan rata-rata sepeda motor dikendarai dua orang, mobil lima orang dan bus 40 orang, jumlah wisatawan ke Kota Batu tahun lalu diperkirakan mencapai 45 ribu per hari. Dengan peningkatan sekitar lima persen, tahun ini jumlah wisatawan menjadi 50 ribu per hari.

"Itu artinya jumlah pengunjung selama lebaran ini sedikitnya 50 ribu orang per hari. Jumlah masih bisa meningkat, karena motor bisa membawa tiga orang bersama anak, begitu juga mobil dan bus bisa lebih dari hitungan terendah," tegas Hidayat.

Dishub bersama Satlantas Polres Batu, sudah melakukan antisipasi peningkatan arus ke Kota Batu selama lebaran ini. Antisipasi itu antara lain memperbanyak jalur alternativ hingga menghimbau pembuatan tempat parkir baru bagi pengelola objek wisata.

"Peningkatan lokasi parkir, terlihat jelas di sekitar Jatim Park 2. Halaman gedung kesenian, jalan masuk Perumahan Panderman Hill, lapangan dan jalan-jalan kampung menjadi lahan parkir, sehingga kendaraan tidak akan menumpuk di pinggir jalan," paparnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs