ADD Juga Dimanfaatkan Untuk Biaya Pengobatan

Selasa, 6 September 2011 - 07:47 WIB • Dibaca 74 kali

ILUSTRASI - Foto: kompas

BUMIAJI, MALANGRAYA.info – Anggaran Dana Desa (ADD) tidak hanya digunakan untuk membayar honor perangkat maupun pembangunan fisik, namun ada desa yang memanfaatkan dana tersebut untuk pengobatan warga. Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji sempat menggunakan dana itu untuk biaya pengobatan salah satu warga, Rubiah, 23 tahun.

Baca Juga

Ibu dua anak ini memiliki penyakit aneh sejak dua tahun terakhir ini. Awalnya, dia merasakan panas luar biasa di dadanya. Secara perlahan, penyakit tersebut membuat berat badannya makin menurun dan kondisi kejiwaan Rubiah seperti orang stress.

"Kemudian, dua tahun ini kami mendapatkan suntikan dari ADD untuk biaya pengobatan Rubiah. Kondisinya memprihatinkan, dan dana tersebut cukup membantu untuk pengobatannya," ungkap Sukarni, pengurus LPMD Bulukerto kepada Malang Post.

Dia tidak bisa merinci jumlah ADD untuk pengobatan warga miskin tersebut. Namun setiap tahun ADD untuk pengobatan Rubiah sekitar Rp 500 ribu, karena kondisinya memang tidak memungkinkan untuk membiayai pengobatan sendiri.

Pengurus Posyandu Desa Bulukerto ini juga menambahkan, Rubiah sebenarnya tercatat sebagai peserta Jamkesmas atau Askes program Tim Penggerak PKK Kota Batu. Tetapi biaya transport dan obat-obatan yang tidak terjangkau oleh Askes, tetap harus dibayarnya.

"Kami sudah pernah membawa Rubiah ke bidan desa maupun Puskesmas hingga RS Paru. Dokter menerangkan, Rubiah terserang penyakit bagian syaraf sehingga mengalami panas dan stress," ungkap Sukarni.

Rubiah, kata dia, tinggal bersama kakak, ayah tiri dan ibunya dalam sebuah rumah sangat sederhana. Kakak perempuannya, Makrofah menjadi satu-satunya tulung punggung keluarga itu karena sang ayah tiri, Sarpai kondisinya sudah tua plus pendengaranya terganggu. Makrofah sendiri, bekerja sebagai buruh tani.
Ketika ADD Bulukerto belum cair seperti sekarang, warga setempat cukup risau dengan pengobatan. Masalahnya mereka ingin memeriksakan Rubiah ke psikolog atau RSJ, namun terbentur dana.

"Kalau ke RSJ, mungkin Jamkesmas atau Askes tidak berlaku," tegasnya.

ADD untuk Bulukerto tahun 2011, memang belum cair karena LPJ tahun 2010 terlambat diserahkan ke Bagian Pemerintahan. Itu karena, pihak desa masih terkendala tandatangan bendahara LPMD tahun 2010, yang sedang menderita penyakit stroke.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs