Sopir Angkot Tak Nikmati Rezeki Lebaran

Senin, 5 September 2011 - 23:29 WIB • Dibaca 162 kali

Foto: malang post

BATU, MALANGRAYA.info – Pengemudi angkutan dalam kota di Kota Wisata Batu tidak menikmati rejeki melimpah saat meningkatnya pengunjung wisatawan di Kota Batu selama liburan Lebaran sepekan terakhir.

Baca Juga

Kemacetan parah muncul di rute-rute menuju lokasi temnpat wisata yang jumlahnya cukup banyak di Kota Batu, dan para pengemuidi angkutan dalam kota mengaku hanya kebagian macetnya, tapi tidak kebagian rezekinya.

Menurut Cipto (50-an) pengemudi angkutan dalam kota jenis kendaraan Daihatsu Zebra (mikro bus) jurusan Batu Torongrejo Landungsari, selama sepekan liburan Lebaran paling banyak ia hanya bisa mendapatkan Rp 150.000 sehari.

Itu masih pendapatan yang pas-pasan untuk setoran pada pemilik kendaraan sebesar Rp 40.000 sehari dan bensin Rp 50.000 sehari. Dapat penghasilan kotor Rp 60.000 sehari harus dipotong biaya makan dan rokok sehari . Biasanya saya mendapat Rp 100.000 Rp 150.000 saja kerja seharian, katanya.

Ini mengherankan karena Kota Wisata Batu (Pemkot Batu menamai demikian sejak 2007), dipenuhi pengunjung wisatawan yang membuat jalanan menuju kota ini macet selama sepekan terakhir.

Bahkan sampai Senin (5/9/2011) meski lalu lintas berjalan cukup lancar, sewaktu-waktu a rus lalu lintas bisa tersendat, terutama pada jam-jam perjalanan keluar Batu sekitar pukul 15.00 saat wisatawan dengan bus dan kendaraan pribadi beriringan keluar dari wilayah Kota Batu.

Hal sama diutarakan, Pak Tamat (60-an), makelar pencari penumpang yang pekerjaannya diberi nama juru penumpang atau jupe . Wah dapat Rp 150.000 bagi pengemudin itu jarang terjadi Pak. Paling-paling hanya Rp 100.000 . Kalau wisatawan ramai dan jalan macet, kami hanya dapat macetnya, karena wisatawan lebih banyak datang ke Batu dengan kendaraan sendiri, sewa kendaraan kecil atau bus atau kendaraan pribadi, kisahnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : kompas
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs