Malang Mulai Kekurangan Air

Senin, 5 September 2011 - 20:14 WIB • Dibaca 172 kali

ILUSTRASI - Foto: kompas

KARANGPLOSO, MALANGRAYA.info – Kondisi vegetasi secara umum sudah mulai tampak menguning akibat kurangnya air hujan, namun di lokasi-lokasi pertanian tanaman padi petani masih mendapatkan air untuk menggenangi sawah dan hendak memulai tanam untuk masa tiga bulan ke depan.

Baca Juga

Hal itu tampak pada beberapa desa di di Kecamatan Karangploso, Singosari dan Lawang, di bawah rez im Daerah Pengaliran Sungai (DPS) Brantas.

Pengamatan di kawasan tersebut hari Senin (5/9/2011) mendapati, sebagian kawasan masih memanen padinya. Petani di Kecamatan Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang hanya bisa memanen sekitar 4 ton saja per hektar. Daerah sini sudah banyak terkurangi saluran airnya karena banyak perumahan, kata Wariman, yang memimpin petani memanen padi.

Kawasan tegalgondo berada di perbatasan antara Kota dan Kabupaten Malang, namun masih berada di lereng timur komplek bergunung catchment area DPS Brantas.

Petani lain di lokasi yang sama Wardi menjelaskan, air masih bisa didapat dari saluran irigasi, dan bahkan pada sebagian kawasan tanaman padi di Karangploso, petani kini sedang menggenang i air untuk mempersiapkan lahan hendak ditanami kembali.

Memang sudah ada tanda-tanda kekurangan air, namun jumlah air masih banyak untuk tanaman padi. Untuk wilayah di dekat saluran, air bisa digenangkan.

Namun jumlah air tak mencukupi untuk menghijaukan seluruh daerah pertanian yang tidak digenangi. Rumput di pematang upamanya, kini sudah menguning. Tetapi petani disini tak terlalu cemas, karena hampir tidak pernah kekeringan disini, katanya.

Prakiraan cuaca sampai 7 September yang didapat dari Stasiun Klimatorologi dan Meteorologi, Karangploso, Malang mengungkapkan, September ini Malang dan umumnya wilayah Indonesia masih memasuki musim kemarau.

Prakiraan mingguan lembaga ini menyebutkan, cuaca umumnya cerah berawan, dengan kelembabaan yang cukup rendah antara 40 persen hingga 88 persen, menandakan akan kecil kemungkinan turun hujan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : kompas
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita malang raya berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 berita kriminal remaja daftar pemain AREMA 2012 batu town square daftar pemain arema harta karun majapahit keris luk 13 pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang pilkada malang 2013 pelacuran di malang sampah anorganik karoseri adi putro arema kerajaan singosari suporter terbanyak di indonesia this is arema arema 2011-2012 penemuan benda pusaka Berita kriminal pemerkosaan nexian pad pengolahan limbah sampah limbah sampah cross ad 305 ahmad bustomi nexian PAD G311 sendang kamulyan diknas malang meteor cell malang daun emas tempat prostitusi di malang berita tentang pencemaran udara Local Blogs
Local TopOfBlogs