Pemkab Target Kemiskinan Turun 2,5 Persen

Senin, 5 September 2011 - 19:59 WIB • Dibaca 734 kali

ILUSTRASI - Foto: sriwijaya post

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mengupayakan penurunan angka kemiskinan di daerah itu rata-rata hingga 2,5 persen per tahun.

Baca Juga

Bupati Malang Rendra Kresna, Senin, mengemukakan, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) setempat jumlah keluarga miskin di daerah itu saat ini mencapai 155 jiwa.

“Untuk data terbaru 2011 saya belum mendapat laporan dari BPS, apakah ada penurunan atau kenaikan belum diketahui. Tapi, yang pasti kami upayakan angka kemiskinan di daerah ini setiap tahun bisa turun 2,5 persen,” tegas Rendra.

Jumlah total penduduk di Kabupaten Malang berdasarkan data terakhir dari BPS setempat (2010) sebanyak 2,7 juta jiwa dan 155 ribu jiwa diantaranya masuk kategori miskin.

Guna merealisasikan target penurunan angka kemiskinan hingga 2,5 persen per tahun tersebut, katanya, pemerintah sudah menyiapkan beberapa program pembangunan yang mampu menekan laju kemiskinan.

Program-program pembangunan yang telah direalisasikan untuk menekan angka kemiskinan tersebut di antaranya melalui program koperasi dan pemberdayaan ekonomi melalui usaha mikro, kecil menengah (UKM) yang tersebar di 33 kecamatan.

Selain itu juga melalui program pelatihan ketrampilan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) serta beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait lainnya termasuk yang didanai dari dana hasil bagi cukai dan tembakau.

“Dengan berbagai program lintas SKPD ini, saya yakin upaya untuk menurunkan angka kemiskinan 2,5 persen setiap tahun bisa terwujud, dengan catatan semua pihak disiplin dan mau bekerja keras,” ujar mantan anggota DPRD Kabupaten Malang tersebut.

Warga miskin di Kabupaten Malang dan kabupaten/kota lainnya juga mendapatkan fasilitas layanan kesehatan melalui program Jamkesmas, Jamkesda serta pemberian raskin.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
kemiskinan di malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs