Pemkot Tambah Dana Bosda

Senin, 5 September 2011 - 15:05 WIB • Dibaca 116 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Pemkot Malang menambah alokasi anggaran Dana Bantuan Operasional Daerah (BOSDA) untuk siswa tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Alokasi BOSDA untuk tahun ajaran 2011/2012 sebelumnya hanya sebesar Rp 10 miliar bagi SD/MI, kini naik menjadi Rp 12 miliar. Untuk SMP/MTs, dari yang sebelumnya Rp 7 miliar kini naik menjadi Rp 8 miliar.

Anggota Komisi B DPRD Kota Malang, Bambang Triyoso menyatakan, ada beberapa program yang alokasi dananya sebenarnya sudah ada di APBD 2011. Dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2011, beberapa diantaranya dihapus. “Program yang dihapus itu anggaran kemudian dialihkan untuk beberapa program lainnya. Diantaranya adalah untuk tambahan dana BOSDA," tutur Bambang, Minggu (4/9).

Baca Juga

Dia sendiri mengaku tidak tahu persis berapa setiap siswa mendapatkan dana itu, baik itu untuk SD/MI dan SMP/MTs. Selain itu, Bambang juga tidak tahu persisnya berapa jumlah siswa di Kota Malang yang mendapatkan BOSDA.

“Kami akan mempelajari perbandingan jumlah siswa dengan dana yang ada, kemudian bisa dibandingkan dengan daerah lain yang sudah mulai menggratiskan sekolah 9 tahun seperti Kota Batu dan Surabaya," urai Bambang. Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan pendidikan 9 tahun di Kota Malang juga bisa digratiskan. Penambahan alokasi untuk pendidikan ini diharapkan bisa meringankan beban siswa.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Sri Wahyuningtyas mengatakan, jumlah siswa SD/MI yang mendapat BOSDA adalah sebanyak 87.073 siswa. Setiap siswanya dari sebelumnya mendapat Rp 5 ribu kini naik menjadi Rp 10 ribu. “Setiap siswa SD/MI mendapatkan dana BOSDA Rp 10 ribu, jumlah ini naik dua kali lipat, sebab sebelumnya hanya Rp 5 ribu per siswa," katanya.

Sementara untuk siswa tingkat SMP/MTs yang mendapat BOSDA adalah sebanyak 39.807 siswa. Mereka mendapat dana masing-masing dari sebelumnya Rp 10 ribu per siswa kini mendapat Rp 15 ribu per siswa.

“Tambahan anggaran ini tentu saja cukup baik bagi pendidikan di Kota Malang. Dengan dukungan ini, diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di daerah kami," pungkas Sri Wahyuningtyas.

Sekedar informasi, jika anggaran BOSDA ditambah Rp 3 miliar, berbeda dengan Anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) Kota Malang. Anggaran untuk rehabilitasi sekolah tersebut dikepras pemerintah pusat. Dari sebelumnya mendapat alokasi Rp 10, 3 miliar, kini dipangkas menjadi Rp 8,3 miliar saja.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs